Published On: Wed, May 24th, 2017

Pattiasina Merapat ke PDIP, Kermite Bidik Posisi Wagub

Share This
Tags

Mantan anggota Fraksi PDIP DPR RI Enggelina Pattiasina bakal ikut bertarung dalam pilkada. Ia telah mengirimkan utusan untuk mengambil formulir pendaftaran di kantor PDIP Maluku, Selasa (23/5).

Pattiasina yang dulu menjadi wakil rakyat di DPR RI dari dapil Jawa Barat, tercatat sebagai satu-satunya perempuan yang berproses di PDIP Maluku bersama belasan calon gubernur dan wakil gubernur lainnya.

Pattiasina tidak datang langsung untuk mengambil formulir di PDIP, tetapi mengirimkan utusannya yaitu Taher Karepesina, Wem Pattiruhu, Dereck Bakarbessy, Rais Mahu dan Elvis Hukunala.

Utusan Pattiasina di lokasi pengambil formulir pendaftaran pada sekretariat DPD PDIP Maluku sekitar pukul 12.00 WIT. Tim tersebut diketuai oleh Taher Karepesina selaku juru bicara Pattiasina.

Kepada Siwalima,Karepesina mengatakan, PDIP merupakan partai yang mempelopori kepemimpinan perempuan di Indonesia, sehingga, tidak mustahil jika PDIP Maluku akan membuat sejarah baru dengan mengusung pemimpin perempuan di Maluku tentu dengan kualitas dan pengalaman yang tidak diragukan.

“PDIP bisa membuat sejarah baru apabila memberikan suatu keputusan besar dengan mengusung ibu Pattiasina, karena beliau punya kualitas dan pengalaman baik di pusat maupun daerah,” kata Karepesina usai mengambil formulir pendaftaran.

Dikatakan, Pattiasina merupakan sosok perempuan yang selama ini memperjuangkan hak-hak masyarakat Maluku, sehingga tidak ada salahnya jika PDIP memberikan peluang tersebut bagi satu-satunya perempuan yang berproses di PDIP Maluku ini.

Menurutnya, Angelina sangat optimis untuk maju dalam pemilihan gubernur Maluku tahun 2018 mendatang, sebab saat ini sudah dilakukan komunikasi politik.

Menyoal sosok pendamping atau bakal calon wakil gubernur, Karepesina melanjutkan untuk saat ini sudah dilakukan komunikasi politik, namun akan mengikuti dinamika perkembangan politik khususnya terhadap figur-figur yang mencuat untuk nantinya dikonsolidasikan guna menentukan siapa sosok pendamping tersebut.

Karepesina menegaskan, jika Pattiasina akan melakukan komunikasi dengan semua partai politik. Hal ini sebagai bukti keseriusan dia untuk maju sebagai bakal calon gubernur Maluku.

Bidik Wagub

Dihari yang sama, Wakil Ketua DPD PDIP Maluku, Everd Kermite juga mengambil formulir pendaftaran di PDIP Maluku. Ketua Komisi B DPRD Maluku ini mengirim utusan untuk mengambil formulir tersebut yaitu anggota DPRD Kabupaten SBB, Melkhy Zedeck.

Kepada Siwalima Melkhy Zedeck mengatakan, PDIP merupakan partai pemenang pemilu, sehingga dalam pilkada 2018 ini PDIP harus menunjukan eksistensinya. “Kermite tampil sebagai calon wagub untuk bertarung dengan teman-teman yang sudah komitmen untuk maju. Memang PDIP harus menunjukan komitmen sebagai partai pemenang pemilu,” katanya.

Zedeck menjelaskan, figur atau kandidat bakal calon gubernur yang akan didampingi oleh Evert Kermite, pastinya berasal dari kader PDIP. “Kalau calon Gubernur itu harus dari PDIP sendiri,” ujarnya.

Keikutsertaan Kermite dalam pilkada 2018, dari sisi wilayah dan kultur, Everd mewakili Pulau seram, sehingga memiliki pendukung yang besar. “Beliau sudah terukur karena memang punya pengalaman sebagai politisi. Apalagi duduk di DPRD selama tiga periode menjadi nilai tambah,” jelasnya.

Hingga saat ini, tercatat sudah ada 19 bakal calon gubernur dan wagub yang mengambil formulir pendaftaran di PDIP.

Sembilan calon gubernur yang merapat yaitu Bupati MBD Barnabas Orno, petahana Said Assagaff, Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun, Inspektur IV Jamwas Kejaksaan Agung Herman Koedoeboen, mantan Bupati MTB Bitzael S Temmar, Bupati Bursel Tagop S Soulisa, Enggelina Pattiasina dan Kepala Korps Brimob Polri Irjen Murad Ismail.

Sedangkan balon wagub yaitu Bupati Malra Andreas Rentanubun, mantan Bupati SBT Abdullah Vanath, Sekretaris DPD PDIP Maluku Lucky Wattimury, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku MZ Sangadji, Ketua DPD Golkar Papua Barat Mozes Rudy Timisela, Ketua DPC PDIP Bursel Samy Latbual, Ketua DPD PDIP Maluku Edwin Huwae, mantan Wakil Bupati MTB Lukas Uwuratuw, Johozua Max Yoltuwu, mantan Ketua MPH Sinode GPM John Christian Ruhulessin dan Wakil Ketua DPD PDIP Maluku Everd Kermite. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>