Published On: Mon, Nov 13th, 2017

PAW Komisioner KPU Maluku Tertunda

Share This
Tags

KPU Maluku meng­ingin­kan agar proses pengisian kursi satu komisioner segera terisi. Hanya saja padatnya agenda KPU RI, se­hi­ngga proses dimaksud belum dapat terlaksana.

Plh Ketua KPU Ma­luku, Iriane Ponto me­ngatakan, untuk me­ngisi kekosongan satu komisioner, pihaknya telah berupaya untuk mengusulkan PAW ke KPU RI sejak beberapa waktu yang lalu. “Mengenai keko­songan komi­sio­ner, kita KPU Ma­luku sudah usulkan Pak Almudatzir Sangadji untuk me­ngisi kekosongan yang ada,” kata Ponto kepada Siwalima, Minggu (12/11).

Namun keputusan untuk per­gantian, menurut Ponto ada dita­ngan KPU RI, sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan pusat agar mendapat kepastian proses pelantikan PAW dapat dilaksanakan.

“Kita juga ingin agar proses PAW ini secepatnya dilaksanakan. Tetapi kan yang punya kewenangan itu adalah KPU RI, “terangnya.

Ponto menegaskan, KPU RI me­miliki agenda yang padat terkait dengan proses Pilkada tahun 2018, sehingga diperkirakan, KPU RI baru akan datang ke Maluku pada akhir November atau awal Desember untuk melakukan wawancara kepada figur yang telah diusulkan untuk PAW.

“Dari koordinasi, KPU RI baru punya jadwal itu kemungkinan akhir November atau awal Desember baru bisa datang ke Maluku supaya bertemu dan melakukan sedikit tes kepada Pak Almudatzir,” tandasnya.

Ia mengaku, padatnya agenda KPU RI, sehingga proses PAW be­lum terlaksana. Namun ia menilai se­jauh ini KPU Maluku tidak meng­alami kendala dalam melaksanakan tahapan Pilkada Maluku.

“Agenda komisioner KPU Pusat padat jadi kita juga koordinasi terus tapi tidak bisa paksakan. Namun, selama ini proses pentahapan Pilkada semuanya berjalan lancar. Untuk pengambilan keputusan dalam pleno kan belum pada ke­putusan yang kritis,” ungkapnya.

Akan tetapi, pihaknya terus ber­upaya sehingga proses PAW dapat terlaksana, sebab memang harapan masyarakat ialah kekosongan itu segera terisi. “Kita juga kan tidak tinggal diam, sebab harapannya segera terisi,” ungkapnya.

Menyangkut berkas asli Almu­datzir Sangadji, Ponto mengatakan, belum diserahkan lantaran Jumat (10/11) seluruh komisioner KPU RI tidak berada ditempat. “Belum diserahkan berkas asli milik Pak Sangadji karena tidak ada komisioner KPU. Saya tidak bisa serahkan begitu saja, sehingga Senin (13/11) baru saya serahkan berkasnya dan mudah-mudahan komisioner KPU RI sudah ada,” tandasnya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku