Published On: Fri, Nov 20th, 2015

PDIP: Anggota DPR Akan Gulirkan Mosi Tidak Percaya ke Novanto

Share This
Tags

1Dugaan pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto yang bergulir di MKD atas laporan Menteri ESDM Sudirman Said dianggap merendahkan martabat DPR. Atas hal itu, beberapa anggota DPR lintas fraksi akan menyuarakan mosi tidak percaya pada Setya Novanto.

“Walau di UU MD3 tidak diatur adanya mosi tidak percaya, tapi ini persoalan moralitas dari institusi DPR yang harus dijaga,” ucap politisi PDIP Masinton Pasaribu saat dikonfirmasi, Jumat (20/11/2015).

Masinton menyebut, inisiatif untuk menggelar mosi tidak percaya ini muncul dari beberapa anggota DPR, bukan atas nama fraksi. Meski akan disuarakan oleh lintas fraksi termasuk fraksinya PDIP.

“Mosi tidak percaya ini sekaligus adalah supplement kepada MKD agar tidak neko-neko nantinya dalam mengambil keputusan, karena kita semua tahu dan paham bahwa ini dugaan pelanggaran berat,” ujar anggota komisi III DPR itu.

“Walau masih dugaan, tapi kita harap putusannya juga sesuai. Sanksi dari pelanggaran berat adalah pemberhentian dari jabatan. Ini pertanggungjawaban moral dan politik kepada bangas ini,” imbuhnya.

Masinton mengatakan, dugaan pelanggaran etik yang menimpa Novanto sangat serius dan UU MD3 dan UU Tipikor, yaitu larangan bagi pejabat negara menjanjikan atau menerima sesuatu atas jabatannya. Novanto disebut dalam laporan Sudirman Said, menjanjikan penyelesaian perpanjangan kontrak PT Freeport.

“Cara-cara lama seperti ini sering terjadi menggunakan posisi dan jabatan menjadi broker untuk kepentingan diri sendiri dan kelompok bisnisnya. Padahal tugas DPR itu kan hanya tiga, legislasi, pengawasan, dan budgeting. Bukan untuk lobi-lobi bisnis!” tegasnya.

Berdasarkan agenda yang beredar di wartawan DPR, jumpa pers terkait pernyataan mosi tidak percaya lintas fraksi kepada Setya Novanto itu akan digelar pukul 15.00 WIB di sebelah ruang rapat komisi VII gedung Nusantara I DPR.
(bal/tor)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>