Published On: Mon, Nov 13th, 2017

Pemda Malteng Akan Buka Jalur Transportasi Laut Ke Raja Ampat

Share This
Tags

Dipastikan tahun 2018 mendatang masyarakat di kabupaten Maluku Tengah tidak lagi kesulitan fasilitas angkutan transportasi laut dari kota Masohi menuju Kepulauan Banda, Pulau Saparua, Nusa Laut, Ambon maupun daerah wisata Raja Ampat di Papua Barat.

Pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui angkutan transportasi laut ini telah diupayakan oleh Pemda Maluku Tengah melalui Dinas Perhubungan, yang telah mendatangkan investor yang bergerak di bidang perhubungan laut di daerah ini,”kata Kepala Bidang Laut Dinas Perhubungan Malteng Evendi Latuconsina, S.Sos di Masohi, Minggu (12/11/2017).

Menurut Latuconsina, beberapa tahun terakhir ini banyak keluhan masyarakat terhadap fasilitas angkutan laut yang tidak memadai, sehingga menyulitkan kebutuhan masyarakat saat melaksanakan kegiatan keluar daerah dengan menggunakan angkutan laut seperti kapal cepat dari Pelabuhan Amahai ke Tulehu dan beberapa tempat lainnya.

Olehnya itu Pemda Malteng melalui Dinas Perhubungan yang di pimpin Nafis Amahoru, SH. MAP telah melakukan perjanjian kerjasama denga investor dari Jakarta yaitu PT Laura Abadi Jaya, guna mendatangkan empat unit armada angkutan laut untuk melayari daerah-daerah di Malteng yang menjadi tujuan perjalanan masyarakat.

PT. Laura Abadi Jaya merupakan perusahaan yang berinvestasi di bidang perhubungan laut, dimana perusahan ini telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan swasta di Korea yang bergerak di bidang perairan laut.

Kapal yang akan beroperasi kata Evendi Latuconsina adalah tipe kapal pemecah ombak seperti di Korea, India dan beberapa negara lainnya yang memiliki laut yang cukup ekstrim dengan keadaan gelombangnya.

“Jadi empat unit kapal yang didatangkan nantinya beroperasi pada wilayah Masohi dengan tujuan Banda Neira, Saparua dan Nusa Laut, Tulehu serta tujuan daerah wisata Raja Ampat di Papua Barat yang berpangkalan di pelabuhan Kobisonta Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, denga tarif yang normal sesuai keputusan Menteri Perhubungan RI dan Bupati Maluku Tegah”ungkapnya.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku