Published On: Mon, Oct 17th, 2016

Pemkot Bakal Bangun Museum Musik

Share This
Tags

music-museumUntuk mendukung Kota Ambon menjadi salah satu kota musik di dunia, maka pemkot berencana akan membangun sebuah museum musik sebagai salah satu destinasi wisata baru yang dapat dikunjungi oleh semua orang. Museum ini akan menyimpan semua hasil karya musisi asal kota ini baik dalam bentuk dokumen maupun audio visual yang pernah dihasilkan.

Kadis Pariwisata Kota Ambon Henri Sopacua ketika dikonfirmasi Siwalima di Ambon, Sabtu (15/10) mengaku, saat ini pemkot memang be­lum miliki tempat khusus me­nyimpan dokumen terkait dengan hasil karya anak negeri di bidang musik.

“Selama ini orang sulit untuk mengetahui dimana mereka bisa melihat dokumen tentang musik hasil karya anak daerah. Karena belum ada, maka kita coba kumpul­kan dan tempatkan di tempat khusus, seperti sebuah museum,” ungkap Sopacua.

Museum ini diperlukan, kata Sopacua untuk menyimpan hasil karya anak negeri, yang di dalamnya menceritakan tentang sejarah musuk milik putra-putri terbaik kota ini agar dapat dikenang sampai kapanpun oleh generasi mendatang.

Untuk itu, direncanakan dalam waktu dekat ini perencanaan pem­bangunan museum musik ini akan diberikan kepada pemerintah untuk disetujui termasuk lokasi mana yang dipakai untuk dibangun museum ini.

“Kita akan usulkan pembangunan museum ini di dua lokasi yakni di Benteng Victoria atau menggunakan sedikit lahan di kawasan Museum Siwalima. Kalau sudah ada hasilnya kemudian akan dibuat grand desain agar awal tahun kita sudah bisa bangun museum itu,” ujarnya.

Menjadi salah satu kota musik dunia bersama dengan 15 kota lain­nya, tambah Sopacua, membuat Am­bon terus berbenah di semua sektor, termasuk dengan mempersiap­kan sarana dan prasarananya.

“Infra­stuktur akan dibangun selama 3 ta­hun mendatang, mulai dari sekolah musik, lokasi konser, kafe musik dan sebagainya, se­hingga Ambon me­nuju kota musik dunia bukan hanya slogan semata,” pungkasnya. (SIWALIMA)

 

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>