Published On: Sat, Jul 23rd, 2016

Pemkot Larang PNS Komentar Pilkada di Medsos

Menjelang Pilkada Kota Ambon, perang opini melalui berba­gai komentar telah me­warnai media sosial.

Berbagai komentar yang bernada positif mau­pun negatif terse­but ternyata juga di­unggah oleh PNS Pemkot Ambon. Aki­batnya, Kepala BKK Ambon Benny Selanno berang.

Ia menegaskan akan memberikan sanksi penundaan pangkat dan golongan bagi PNS yang tidak netral.

“Jadi kita tegaskan tidak boleh lagi ada komentar yang dilakukan oleh PNS terkait pancalonan walikota dan wakil walikota baik itu men­dukung maupun yang tidak mendu­kung,” tandas Selanno kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (22/7).

Dikatakan sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang kewa­jiban PNS dan juga UU nomor 5 tahun 2014 tentang PNS jelas ada sanksi bagi yang tidak netral. “Jika ingin mencoba-coba maka resiko bisa sampai dengan pemecatan karena tidak di benarkan memberikan komentar baik mendukung atau menjatuhkan calon walikota,” katanya.

Ia menjelaskan, tugas seorang apa­ratur sipil negara adalah mem­berikan pelayanan publik masyarakat bukan memberikan komentar di luar tugas.

“Pemerintah sudah memberikan tugas dan tanggungjawab, sehingga laksanakan apa yang sudah dibe­rikan, kenapa harus terlibat dengan ko­mentar yang tidak perlu,” jelasnya.

Selanno juga terus memantau komentar di media sosial baik itu komentar miring maupun komentar yang mendukung calon tertentu.

“Pemerintah masih menunggu proses penetapan calon oleh KPU dan ketika kedapatan maka yang bersangkutan harus siap menerima teguran berupa teguran sedang dan berat,” kata Selanno.

Ia menambahkan saat ini memang hanya diberikan berupa teguran kepada PNS yang kedapatan berkomentar di medsos. “Namun setelah penetapan peserta pilkada oleh KPU Kota Ambon, maka kita akan memberikan sanksi tegas,” tandasnya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>