Published On: Sun, Apr 9th, 2017

Pemkot Tual Bagikan 400 Kartu Nelayan

Share This
Tags

Pemerintah Kota Tual melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tual telah membagikan 400 kartu nelayan untuk nelayan-nelayan yang berada di Kota Tual.. Menurut Walikota Tual, Adam Rahayaan, Kota Tual memperoleh jatah 1.000 kartu nelayan, namun baru dibagikan 400 kartu.

“Pemerintah Kota Tual tahun ini mendapatkan bantuan 1000 kartu nelayan, akan tetapi oleh Dinas yang bersangkutan baru membagikan kartu tersebut kepada 400 orang nelayan,” kata Rahayaan kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Jumat (7/4).

Dikatakan, kartu nelayan merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan. Terutama nelayan yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

Ia mengatakan DKP telah melakukan sosialisasi kartu nelayan dalam berbagai acara baik di kecamatan, desa, maupun dusun.

“Dari kegiatan sosialisasi itu sejumlah nelayan di kota ini sudah menerima kartu tersebut,” kata Rahayaan.

Kartu nelayan sebagai jaminan atau asuransi untuk melindungi nelayan dan keluarganya, karena pekerjaan nelayan berisiko tinggi. Penerbitan kartu nelayan merupakan wujud penghargaan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap profesi nelayan.

Program itu diharapkan dapat mendorong pemberdayaan nelayan sebagai mitra pemerintah dalam pengelolaan sumber daya perikanan, dan upaya peningkatan pendapatan secara berkelanjutan, efektif dan tepat sasaran.

“Kartu nelayan juga menjadi alat bukti sah bagi penyandang profesi nelayan untuk melakukan penangkapan ikan di laut. Juga menjadi instrumen bagi Dinas Kelautan dan Perikanan, KKP, dan Kementerian/Lembaga Pemerintah saat memberikan pembinaan dan bantuan penguatan usaha kepada nelayan,” ungkapnya.

Ditambahkan, nelayan dapat menerima kartu tersebut dengan syarat mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP), direkomendasikan oleh lingkungan sebagai nelayan, yaitu dari RT/RW/kepala desa, dikenal dan diperhatikan oleh kepala dinas kabupaten/kota selaku pembina teknis perikanan tangkap. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>