Published On: Thu, Feb 8th, 2018

Pemprov Buka Kerjasama Pendidikan dengan Australia

Share This
Tags

Pemprov Maluku menjejaki kerjasama di bidang pendidikan dengan Universitas yang ada di Australia.

Sebelumnya juga Pemprov Maluku resmi menjalin kerjasama dengan Univercity Rhode Island Amerika Serikat di bidang pendidikan.

Gubernur Maluku Said Assagaff menyambut baik, kerjasama ini terlebih khusus kepada Pemerin­tah Australia yang menyediakan beasiswa bagi generasi muda dan ASN di Maluku di Tahun 2018.

Tahun ini kita menjalin kerjasma di bidang pendidikan dengan Universitas di Negeri Kanguru,” jelas Kabag Humas Pemprov Maluku, Bobby Palapia dalam rilis yang diterima Siwalima, Rabu (7/2).

Kerjasama ini, menurut Assagaff, seperti dikutip Palapia berdampak terhadap peningkatan kualitas SDM Maluku di masa yang akan  datang.

Palapia berharap, masyarakat Maluku khususnya pelajar, mahasiswa dan Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa meningkatkan kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris,” ujarnya.

Ia mengakui, menghadapi era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC), yang merupakan sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam mengha­dapi perdagangan bebas antar negara-negara ASEAN, kemam­puan berbahasa Inggris sebagai alat utama berkomunikasi sangat mutlak adanya.

Berbagai kemudahan menurut­nya, akan diperoleh jika masya­rakat, terutama para pelajar, maha­siswa dan ASN bisa berba­hasa Inggris.

Selain dibidang pendidikan, Pemprov Maluku juga menjalin kerjasama di bidang pariwisata dengan Pemerintah Australia.

“Kerjasama kita dengan Pemerintah Australia melalui pem­bukaan kembali jalur penerba­ngan Ambon-Darwin. Dengan kembali dibukanya rute berdam­pak bagi perekonomian Maluku,” tegasnya.

Olehnya masyarakat terutama yang berada di kawasan potensial pariwisata, akan ikut didorong mengembangkan pariwisata di daerah ini. “Kalau pariwisata kita maju, maka secara otomatis akan mendorong perekonomian di Maluku,” ujarnya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>