Published On: Wed, May 31st, 2017

Pemprov Maluku MoU dengan ITB

Share This
Tags

Maluku yang kaya sumber daya alam bu­tuh SDM yang berkualitas untuk mengelolanya. Karena itu, Pemprov Maluku menandata­nga­ni Momerandum of Understanding (MoU) de­ngan Institut Teknologi  Bandung (ITB).

MoU tersebut diteken Rektor ITB Kadarsah Suryadi dan Gubernur Maluku, Said Assagaff pada Selasa, (30/5).

“Untuk peningkatan SDM di Maluku, Gubernur telah tanda tangani MoU dengan Rektor ITB di Gedung Rektorat ITB, pukul 14.00 WIB,” kata Kabag Humas Setda Maluku, Bobby Palapia kepada Siwalima, melalui telepon selulernya.

MoU dilakukan terkait dengan penelitian, perencanaan, dan pendidikan. Di bidang pendidikan, Pemprov Maluku akan membangun Institut Teknologi Ambon (ITA). untuk mempersiapkan SDM guna pengelolaan Blok Masela.

“Untuk bidang pendidikan, pemprov kan akan membangun ITA untuk mempersiapkan SDM kita agar bisa mengelolah Blok Masela kedepannya. Dan sesuai arahan Presiden pada rapat terbatas di Istana Presiden 21 Februari lalu, Fakultas Teknik Unpatti juga harus dikembangkan untuk kebutuhan SDM di Blok Masela sebagai embrio pembentukan ITA dengan didukung tenaga pengajar dari ITB dalam waktu 2-3 tahun,” jelas Palapia.

Dengan adanya kerjasama terse­but, selain berharap ITB dapat me­ngirim tenaga pengajar di ITA, Pemprov juga berharap agar mahasiswa dari Maluku juga dapat diterima di ITB.

“Rektor ITB sangat memberikan apresiasi untuk kerjasama ini, menu­rut beliau ITB akan sepenuhnya mendukung dan membantu proses pembentukan dan pembangunan ITA karena pada prinsipnya ITB bukan cuma untuk Bandung tetapi untuk kepentingan seluruh lapisan bangsa dan negara,” kata Palapia.

Palapia menambahkan, tanggal 5 Juni Wakil Rektor ITB akan ke Ambon untuk menindaklanjuti MoU tersebut. Turut hadir dalam pe­nandatanganan MoU tersebut Ketua DPRD MaLuku Edwin Huwae, Rektor Unpatti Martinus Sapteno, Kepala Bappeda MaLuku Antho­nius Sihaloho, dan beberapa staf lainnya. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>