Published On: Fri, Mar 18th, 2016

Pemrov Maluku Sekolahkan 100 Dokter Ambil Spesialis

Share This
Tags

165647_dokter2tsPemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sudah mengirimkan 100 tenaga dokter untuk mengambil program pendidikan dokter spesialis dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 .

Kepala Dinas Kesehatan Maluku, dr.Meykal Pontoh di Ambon, Rabu (16/3) mengatakan sampai saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dr.Haulussy baru memiliki 34 tenaga dokter spesialis.

Menurutnya, seharusnya RS yang berdasarkan Badan Akreditasi Nasional (BAN) sudah kantongi akreditasi B seharusnya tenaga dokter spesialis harus berada diatas 70an tapi sampai saat ini sebagai Rs terbesar di Maluku hanya miliki 34 tenaga dokter spesialis,

“Sampai saat ini baru miliki 34 tenaga dokter spesialis juga menjadi kendala dalam berikan pelayanan kepada pasien yang membutuhkan pelayanan spesialis, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut dan kemungkinan terpuruk di waktu, maka tahun 2015 lalu sudah dikirimkan 100 dokter untuk mengambil spesialis,” katanya.

Dijelaskan lebih lanjut, Dokter yang saat ini sementara mengambil spesialis setelah kembali mereka bukan hanya mengabdi di RSUD dr. Haulussy tapi tersebar pada semua RS yang ada di Maluku, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Maluku akan terpenuhi dengan baik.

“Masa pengambilan spesialis paling lambat 2-3 tahun dan setelah kembali mereka akan langsung ditugaskan di semua RS yang ada di Maluku,” ucapnya.

Penugasan di semua RS di Maluku, ucapnya, untuk memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan tenaga dokter tersebut tidak terpusat pada Kota Ambon tapi juga pada RS di kabupaten/kota di Maluku.

Dia menambahkan, ada juga dokter-dokter dari kabupaten/kota yang dibiayai oleh APBD kabupaten/kota masing-masing yang disekolahkan sehingga dipastikan dalam 2-3 tahun mendatang Maluku tidak akan lagi minim tenaga dokter spesialis.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku