Published On: Fri, Apr 1st, 2016

Pengurus DPD KNPI Fersi Peilouw Berakhir

Share This
Tags

Polemik kepemimpinan dua kubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) daerah Maluku yang berkepanjangan, kini berakhir sudah di tengah masyarakat terutama di kalangan para pemuda yang menjadi tulang punggung bangsa dan negara.

Hal ini terbukti ketika DPD KNPI Maluku yang di pimpjn Viktor Peilouw menyatakan diri untuk dinonaktifkan dan menerima kepengurusan DPD KNPI kepemimpinan Bisri As Shiddiq Latuconsina sebagai organisasi pemudah Maluku yang sah.

Sebagai bukti ketika dikeluarkannya pernyataan sikap secara spontan oleh Viktor Peilouw kepada DPD KNPI Maluku pimpinan Shiddiq Latuconsina dan jajarannya baik di tingkat kabupaten/kota hingga kecamatan dan desa.

Pernyataan sikap menonaktifkan DPD KNPI Maluku yang di pimpin Peilouw tersebut tertuang dalam surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai 6,000 sebagai tanda keabsahan surat pernyataan tersebut.

Surat Pernyataan yang dibuat Peilouw tersebut memiliki 4 poin pokok yaitu : 1. Mengaku bahwa pimpinan DPD KNPI Maluku yang sah secara konstitusi organisasi dan AD/ART adalah DPD KNPI pimpinan Bisri As Siddiq Latuconsina periode 2013-2016, 2. Menginstruksikan kepada seluruh DPD KNPI kabupaten/kota yang dipimpinya untuk menghentikan segala aktifitas dalam bentuk apapun dengan mengatas namakan DPD KNPI kabupaten dan kota, 3. Menyatakan bahwa DPD KNPI Maluku maupun DPD KNPI kabupaten/kota yang dipimpin Peilouw sudah tidak ada lagi ditengah kehidupan masyarakat dan terutama di kalangan pemuda Maluku secara umum, 4. Bahwa surat pernyataan ini merupakan bagian dari dokumen resmi organisasi.

Empat poin dalam surat pernyataan ini menjadi referensi organisasi yang sah terhadap kinerja kepengurusan DPD KNPI pimpinan Latuconsina baik di tingkat Provinsi Maluku maupun kabupaten/kota hingga ke kecamatan.

Untuk itu maka keberadaan DPD KNPI Maluku Tengah dengan Ketua Sukri Wailissa dan Sekretarisnya Nus Lekahena dinyatakan sah dan dapat melaksanakan tugas dalam pengembangan kepemudaan di bumi pamahanunusa secara konstitusional berdasarkan pada AD/ART organisasi yang memiliki legitimasi dan kekuatan hukum yang tetap.

Hal ini di perkuat dengan diterbitkannya surat pemberitahuan oleh Latuconsina sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku kepada seluruh Ketua DPD KNPi kabupaten/kota bernomor 215/A/DPD/KNPI-MAL/III/2016, yang dilampirkan dengan surat pernyataan Peilouw.

Serta diperkuat dengan surat keterangan terdaftar pada Kementerian Dalam Negeri Ditjen Kesatuan Bangsa dan Politik nomor : 01-00-00-100/VI/2012 dan juga Kepmen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : AHU 001403.AH.01.07. Tahun 2015 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan KNPI.

Berdasarkan pada surat edaran tersebut maka di Kabupaten Maluku Tengah telah memiliki DPD KNPI yang sah di bawah kepemimpinan Sukri Wailissa dan Nus Lekahena.(TribunMaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>