Published On: Wed, Jan 24th, 2018

Perebutan Wilayah di Bursel, 2 Luka Berat

Share This
Tags

Insiden penganiayaan yang dilakukan secara bersama-sama oleh kelompok Raja (kepala desa) di Desa Fogi Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan, Senin (23/1) mengakibatkan dua luka berat, dari 5 korban kekerasan itu.

“Rentetan kejadiannya mulai Jumat minggu lalu, Raja panggil kepala adat, setelah sampai di muka rumah Raja, kepala adat langsung dikeroyok,” ungkap Ketua Forum Masyarakat Adat Buru Selatan (Formabb) Leonard Soulissa kepada Kabar Timur, tadi malam melalui telepon seluler.

Leonard menyampaikan sebelum insiden yang melibatkan massa itu, sejumlah masyarakat adat dari Kepala Madan dipanggil untuk rapat. Guna membahas sengketa yang terjadi terkait hak-hak petuanan di Desa Fogi.

Menurutnya, masyarakat adat setempat menuntut hak-hak petuanan mereka yang diduga diabaikan oleh pemerintah Desa Fogi. Tapi Raja Fogi dari Marga Soel itu menampik tuntutan kelompok masyarakat adat dari marga Hokomina. Yakni mengenai kekuasaan di dataran Kepala Madan. Bukan saja Hokomina, marga Bisugi, Nustelu dan Marmahu, menurut Raja Fogi juga tidak punya hak tersebut.

Akibat pernyataan raja Fogi, para kepala adat dari marga-marga ini mempertanyakan. Dan untuk menjawab hal itu, Raja Fogi mengundang mereka untuk rapat di rumah raja tersebut.

“Kami kira kepala-kepala adat ini dipanggil untuk rapat. Ternyata, sampai di muka rumah Raja, massa sudah hadang, akibatnya terjadi korban, mereka dikeroyok ramai-ramai,” beber Leonard.

Leonard meminta insiden tersebut ditangani pihak Polsek Namrole, yang  hingga kini belum juga melakukan pengejaran terhadap pelaku penganiayaan bersama itu. Menurutnya, jika para pelaku belum diproses hukum, dikuatirkan timbul pertumpahan darah yang lebih besar di dataran Kepala Madan.

“Kita mengutuk keras kejadian itu. Karena ini sudah jadi masalah besar, menyangkut hak-hak petuanan adat. Kita minta Polres Namrole bertindak cepat. Sebelum terlambat,” ingatnya.(Kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>