Published On: Sat, Dec 16th, 2017

Perindo-PSI Bakal Jalani Verifikasi Faktual

Share This
Tags

Hari ini, Sabtu (16/12), KPU Kota Ambon akan melakukan pengundian sampel guna melakukan tahapan verifikasi faktual terhadap dua partai politik baru yaitu Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 2017 pasal 173 ayat 3, menyatakan partai politik lama yang pada tahun 2014 lalu sudah diverifikasi, maka tidak lagi menjalani verifikasi faktual oleh KPU. Olehnya proses verifikasi faktual hanya berlaku untuk partai politik baru.

Seluruh partai politik baik lama maupun baru bisa diverifikasi faktual hanya pada Daerah Otonom Baru (DOB).

Komisioner KPU Kota Ambon, Shaddek Fuad menjelaskan, KPU Kota Ambon baru menerima pengumuman dari KPU pusat terkait partai politik yang memenuhi persyaratan dari 14 partai politik.

“Dari hasil yang kita terima dari KPU RI terhadap hasil verifikasi adminsitrasi, ternyata ada dua partai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, yaitu Partai Berkarya dan Partai Garuda,” ungkap Shaddek kepada Siwalima, Jumat (15/12).

Tahapan selanjutnya, kata Shaddek, KPU akan melaksanakan pengundian untuk penentuan sampel guna dilakukan verifikasi faktual. Proses pengundian sampel sendiri akan dilakukan pada Sabtu hari ini.

“Besok baru kita lakukan pengundian sampel untuk lakukan verifikasi faktual,“ jelasnya.

Menurutnya, dalam proses verifikasi, KPU berpedoman pada UU Nomor 7 tahun 2017 pasal 173 ayat 3. sehingga dari proses verifikasi faktual hanya berlaku untuk partai baru yaitu Perindo dan PSI.

“Dari 14 parpol itu, ada 4 partai baru. Tetapi dua tidak memenuhi syarat sehingga kita lakukan verifikasi faktual hanya untuk 2 parpol yaitu Perindo dan PSI,“ ungkapnya.

Untuk diketahui, 14 Parpol yang dinyatakan lolos oleh KPU RI diantaranya, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDIP, Hanura, Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pertai Gerindra, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Garuda.

Akan tetapi, dari hasil verifikasi perbaikan administrasi, ternyata dua dari 14 parpol itu tidak memenuhi syarat yaitu Partai Garuda dan Partai Berkarya.

Selai itu, ada juga 9 parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu oleh Bawaslu RI setelah melalui proses gugatan yaitu PKPI, PBB, Partai Republik, Partai Bhineka, Partai Rakyat, Parsindo dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

Dari 9 parpol itu, 4 partai berada di Kota Ambon dan akan menjalani verifikasi faktual yaitu PBB, PKPI, PIKA dan Partai Republik.  Walau begitu, hingga kini, keempat parpol dimaksud masih melakukan perbaikan terkait dokumen administrasi keanggotaan. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>