Published On: Thu, Dec 3rd, 2015

Pertama Kali, Pesawat Tempur Inggris Bombardir ISIS di Suriah

Share This
Tags

38b65a60-2ccf-4f58-89e3-abd6730f5d02_169Untuk pertama kalinya, pesawat-pesawat pengebom Inggris melancarkan serangan udara terhadap target-target kelompok radikal ISIS di Suriah. Ini dilakukan beberapa jam setelah parlemen Inggris menyetujui gempuran terhadap ISIS di Suriah.

Sumber pemerintah Inggris mengatakan, pesawat pengebom Tornado GR4 telah lepas landas dari pangkalan udara Angkatan Udara Inggris di Akrotiri, Siprus dan membombardir target-target ISIS di Suriah.

“Serangan dilancarkan dari atas wilayah Suriah,” ujar sumber tersebut seperti dikutip kantor berita Reuters, Kamis (3/12/2015).

Dalam setahun terakhir, pangkalan Akrotiri telah digunakan militer Inggris sebagai landasan untuk melancarkan serangan udara terhadap kelompok ISIS di Irak. Pada Rabu (2/12) malam waktu setempat, parlemen Inggris setuju untuk memperluas target serangan ke Suriah.

Setelah perdebatan sengit yang berlangsung lebih dari 10 jam, para anggota parlemen Inggris melakukan voting yang hasilnya: 397 anggota menyetujui serangan udara di Suriah dan 223 anggota menolaknya.

Perdana Menteri Inggris David Cameron menyambut putusan parlemen tersebut. “Saya yakin parlemen telah mengambil keputusan tepat untuk menjaga Inggris tetap aman — aksi militer di Suriah sebagai bagian dari strategi yang lebih luas,” ujar Cameron dalam postingan di Twitter.

Keputusan Inggris ini juga disambut pemerintah Amerika Serikat yang telah lebih dulu melancarkan serangan-serangan udara terhadap ISIS di Suriah.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>