Published On: Fri, Mar 20th, 2015

Perum Bulog Lakukan MoU Dengan Kejati Maluku

Share This
Tags

MoU 1Telah disepakati Penandatanganan Kerja Sama (MoU) antar Perum Bulog Divre Maluku dan Malut dengan Kejaksaan Tinggi Maluku dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), dimana Perum Bulog diwakili oleh Said Faisal Assagaff, S.Sos selaku pimpinan dan Kejati diwakili Chuck Suryosumpeno, SH sebagai Jaksa Tinggi Maluku, berlangsung diaula Perum Bulog Kamis (19/3).

Kepala Perum Bulog Divre Maluku Said Faisal Assagaff,S.Sos dalam sambutannya mengungkapkan, MoU ini sudah dilaksanakan di tingkat Pusat dengan Kejaksaan Agung RI dan harus ditindak lanjuti di seluruh Perum Bulog Divre di tiap Provinsi, untuk itu hari ini penandatanganan kerja sama Datun dilaksanakan di Provinsi Maluku.

Kerja sama dengan Kejati Maluku dibidang Datun ini sangat diperlukan, mengingat operasional Perum Bulog Divre Maluku dan Malut ini jangkauannya sangat luas, sehingga memiliki keterbatasan dalam menangani dan mengatasi para pihak ketiga yang sering melakukan tunggakan dana Beras Miskin (Raskin).

Dikemukakan, tunggakan dana Raskin yang dilakukan pihak ketiga untuk tahun 2013 sampai dengan akhir tahun 2014 sebesar 14 milyar lebih, dan atas bantuan dari pihak Kejati maka tunggakan itu sangat berkurang sampai dengn akhir tahun 2014 sebesar 4,8 milyar, sehingga harapan Pemerintah Provinsi melalui Perum Bulog tunggakan sebesar ini Maret 2015 sudah selesai dan tidak ada tunggakan lagi.

Selain itu Perum Bulog Divre Maluku membawahi Divre Maluku Utara termasuk Bulog Divre Kota Tual dengan 5 kabupaten/kota, sedangkan Perum Bulog Divre Maluku dengan 6 kabupaten/kota, sehingga diharapkan kerja sama dengan Kejati ini kedepannya juga dilakukan dengan Perum Bulog Divre Maluku Utara.

DIharapkan, kepada Camat dan Kepala Desa untuk tahun 2015 ini tidak ada lagi tunggakan dana Raskin dan harus berada dititik nol, karena kalau tetap ada tunggakan walaupun hanya 1 bulan maka dalam bulan berikutnya penyaluran Raskin tidak akan dilayani.

Sementara itu Kejati Maluku, Chuck Suryosumpeno mengungkapkan, MoU dengan Perum Bulog ini adalah manifestasi di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, dengan memiliki tugas dan fungsi melakukan pelayanan hukum, mengamankan kekayaan Negara dan melindungi kepentingan umum.

Perum Bulog merupakan institusi yang menyentuh langsung hajat hidup orang banyak dengan penyaluran beras, terutama masyarakat Pra Sejahtera, dan kerja sama ini telah berlangsung sejak lama dan terus diperpanjang.

Dalam kurun waktu 2008-2014 Kejati Maluku menyelamatkan kerugian Negara sebesar 13 milyar, melalui instrumen Perdata dan Tata Usaha Negara.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>