Published On: Mon, Feb 1st, 2016

Petinju Asing Diundang Ke Piala Gubernur Maluku

Share This
Tags

tinjuPara petinju asing diundang untuk berlaga di kejuaraan tinju memperebutkan Piala Gubernur Maluku II yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Ambon pada Maret 2016.

“Kami mengundang para petinju dari negara sahabat di Asia Tenggara setelah batal pada Piala Gubernur I di Ambon 19-26 Januari 2015,” kata Ketua Panitia Kejuaraan Tinju Piala Gubernur Maluku II, Pieter Saimima, Minggu (31/1).

Pertimbangannya event ini telah masuk kalender tetap Pengurus Besar (PB) Persatuan Tinju Nasional (Pertina).

“Jadi administrasi undangannya sedang dirampungkan untuk dikirim ke para negara tetangga melalui koordinasi panitia dengan Pengprov Pertina Maluku maupun PB Pertina,” ujarnya.

Pieter yang juga Kadis Perhubungan Kota Ambon itu mengemukakan, undangan juga disampaikan ke 33 Pengprov Pertina lainnya, Pengkab/ Pengkot serta sasana di Tanah Air.

“Strategisnya Kejuaraan Tinju Piala Gubernur Maluku II, bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari evaluasi prestasi petinju menjelang PON XIX yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Jawa Barat pada 17-29 September 2016,” katanya.

Karena itu, panitia didampingi Ketua Harian Pengprov Pertina Maluku, Brury Nanulaitta telah berkoordinasi dengan Gubernur Maluku, Said Assagaff di Ambon pada 26 Januari 2016 guna menyampaikan rencana penyelenggaraan maupun meminta masukan untuk pembenahan penyelenggaraan.

“Gubernur pada prinsipnya mengapresiasi even tersebut dalam rangka menggairahkan pembinaan olahraga di daerah ini sekaligus mengevaluasi pembinaan maupun prestasi para petinju Maluku,” tandas Pieter.

Gubernur Said menyatakan, even tersebut kemungkinan waktunya bersamaan dengan peresmian Jembatan Merah Putih yang melintasi Teluk Dalam Ambon oleh Presiden Joko Widodo.

“Jadi panitia dan Pengprov Pertina Maluku menyesuaikan waktunya dengan peresmian JMP yang kemungkinan bisa saja Presiden Jokowi berkenan menyaksikan pertandingannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Pengprov Pertina Maluku, Sam Latuconsina mengemukakan, kejuaraan ini merupakan realisasi dari program Pengprov Pertina Maluku periode 20014 – 2018 yang diputuskan melalui Mukerda di Ambon pada 23 Juni 2014.

Kejuaraan harus diintensifkan untuk mengevaluasi program latihan yang diterapkan para pelatih, mengukur prestasi petinju dan menggairahkan cabang olahraga tinju di Maluku sehingga bisa menelorkan atlet berprestasi, baik di tingkat nasional, regional maupun Internasional.

Kejuaraan piala Gubernur juga dimanfaatkan untuk mengevaluasi prestasi petinju yang nantinya disiapkan mewakili Maluku di Pra PON XIX.

“Kami telah sukses menyelenggarakan Pra PON XIX wilayah Timur Indonesia di Ambon pada 26 – 30 Oktober 2015 dengan mendapatkan restu dari Gubernur Maluku, Said Assagaff, Ketua DPRD, Edwin Huwae dan KONI setempat,” kata Sam Latuconsina.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>