Published On: Mon, Dec 14th, 2015

Presiden Minta Gerakan Kembali “Kampung KB”

Share This
Tags

DeputiDeputi Advokasi Pergerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN Pusat Dr. Abidin Siregar, Sabtu (12/12) melakukan kunjungan kerja di Ambon Provinsi Maluku bersama anggota DPR RI Komisi 9 Okky Asokawati.

Dalam acara jumpa pers di rumah kopi Sibu-Sibu Kota Ambon Siregar katakan, negara-negara yang memahami betul prinsip berwawasan Kependudukan tahu betul bahwa tujuan pembangunan itu adalah manusia.

Keadilan dan kemakmuran harus didorong dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat namun pertumbuhan ekonomi itu baru terlihat kalau penduduknya terkendali.

Menurut survey yang dilakukan oleh BPS, Indonesia diramalkan jumlah penduduknya tahun 2010 mencapai sekitar 335 juta, ternyata hasil sensus tahun 2010 jumlah penduduk mencapai 234,7 juta artinya, kita berhasil mencegah kelahiran 100 juta penduduk karena penduduk Indonesia mudah diajak untuk ikut KB.

Negara-negara yang pernah belajar di Indonesia sekarang sukses dengan menggunakan konsep KB Indonesia contonya, Singapura, Malesya, Vietnam, Jepang yang jumlah penduduknya tidak bertambah tetapi yang bertambah adalah kesejahteran.

Di Indonesia bertambah 800 ribu pengangguran baru dan angkan kemiskinana belum bisa diturunkan, Sembako banyak yang diimpor, pertambahan penduduk masih tetap diangka 2,6 dan itu akan membebani keuangan negara kita.

Presiden RI Joko Widodo ingin agar ada terobosan baru, ada inisiatif baru agar tumbuh kembali semangat norma kecil bahagia sejahtera dengan konsep 2 anak cukup.

Presiden minta gerakan kembali “Kampung KB”. Kampung KB adalah satu satuan wilayah kerja yang dibentuk atas kesadaran masyarakat sendiri yaitu dari, untuk dan oleh masyarakat, untuk mengatasi problem kependudukan dan sektor lain terlibat didalamnya.

Secara nasional telah dilakukan sosialisasi pembentukan Kampung KB kepada Gubernur, Bupati/Walikota karena merekala yang akan menjadi motor penggerak.

Setiap Kabupaten/Kota mempunyai 1 Kampung KB dan akan ada 500 lebih Kampung KB sebagaai model kegiatan dan intervensi program.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>