Published On: Fri, Nov 20th, 2015

PT.Pelni Rencana Tambah Armada Layari Maluku

Share This
Tags

Pelni-Ambon-KM-TidarPT.Pelni Pusat pada awal 2016 merencanakan menambah armada kapal penumpang yang akan melayani pelayaran di perairan Maluku.

“Jadi rencananya ada penambahan satu kapal penumpang lagi untuk membantu KM.Tidar dalam melayani penumpang di daerah ini, namun dalam pelayarannya dari Ambon hanya sampai Tual saja,” kata Kepala Bagian Operasi PT.Pelni Cabang Ambon, Samto di Ambon, Jumat (20/11).

Dari hasil evaluasi PT.Pelni selama ini, lanjutnya, penumpang yang paling banyak selama ini mempergunakan jasa kapal Pelni dari dan ke Ambon berasal dari Banda dan Tual.

“Mudah-mudahan rencana ini dapat disetujui oleh pihak Kementerian Perhubungan sesuai dengan apa yang diajukan PT.Pelni Pusat guna menambah satu armada lagi di perairan Maluku, khusus dari Ambon menuju Banda dan Tual pulang-pergi (PP),” ujarnya.

Menurut Samto, ada rencana KM.Sinabung yang selama ini melayani rute pelabuhan Ternate (Provinsi Maluku Utara) menuju Ambon akan diusahakan penambahan rute sampai ke Banda dan Tual dan kembali lagi ke Ternate dan berlanjut berlayar ke Indonesia Bagian Barat.

Dia mengatakan, kapal penumpang milik PT.Pelni selama ini yang melayani masyarakat di perairan Maluku ada tiga yakni KM.Tidar, KM.Kelimutu, dan KM. Pangrango.

KM.Tidar rute pelayarannya melayani rute Ambon – Banda – Tual – Dobo- Kaimana – Fak-fak pulang pergi (PP), KM.Pangrango yakni Ambon- Saumlaki-Tepa – Moa – Lakor – Kisar balik lagi setelah tiba Ambon kembali menuju rute Geser dan Bula, kembali Ambon – Namrole itu yang dinamakan satu paket (satu perjalanan) dan berputar terus.

Sedangkan, KM.Kelimutu yakni Ambon – Banda – Tual dan menyinggahi beberapa kawasan sampai berakhir di Merauke (Provinsi Papua) dan kembali lagi.

“Mudah-mudahan ada persetujuan dari pihak Kementerian sesuai dengan rencana PT.Pelni Pusat guna penambahan satu kapal lagi untuk melayani rute dalam perairan Maluku,” ujar Samto.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>