Published On: Fri, Jan 15th, 2016

Puskemas Airlouw Akan Difungsikan Tahun ini

Share This
Tags

1Pemerintah Kota Pemkot Ambon akan memfungsikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Airlouw Negeri Nusaniwe.

“Tahun 2016 kita mulai memfungsikan Puskesmas Airlouw untuk perawatan rawat jalan bagi masyarakat di dusun itu dan sekitarya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Threesje Torry, di Ambon , Kamis (15/1).

Menurut dia, Puskesmas Airlouw dibangun secara bertahap mulai tahun 2012, dimulai dengan pembangunan fisik gedung, dilanjutkan dengan pengadaan fasilitas dan alat kesehatan penunjang perawatan.

“Pembangunan Puskesmas dilakukan secara bertahap dan pelayanannya bukan untuk saat ini tetapi berjangka, mengingat lokasi puskesmas saat ini belum banyak penduduk, tetapi ke depan dalam tahapan pembangunan rumah penduduk,” katanya.

Thresje mengatakan, pembangunan puskesmas perawatan tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkot mendukung dan mewujudkan program prioritas yakni memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan sejalan dengan visi dan misi Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan kepada masyarakat.

“Kita harus bersyukur karena lahan yang digunakan untuk membangun puskesmas seluas satu hektare itu merupakan tanah hibah dari pemerintah negeri setempat kepada Pemkot Ambon, selanjutnya bagaimana kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemkot Ambon telah membangun Puskesmas rawat inap di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan guna membantu masyarakat setempat khusus dalam kondisi darurat.

“Direncanakan tahun 2016 kami juga akan membangun puskesmas rawat inap di desa Tawiri kecamatan Teluk Ambon,” katanya.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Kota Ambon menanyakan keberadaan dan fungsi puskesmas Airlouw yang sudah dibangun sejak tahun 2012 tetapi belum difungsikan.

Ketua Komisi I, Asmin Matduoan menyatakan pihaknya sudah pernah melihat langsung dan mendapat kesan pembangunan Puskesmas di Dusun Airlouw itu sudah selesai tetapi tidak difungsikan.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>