Published On: Fri, Nov 27th, 2015

Putin Sebut AS Tahu Rute Pesawat Tempur yang Ditembak Jatuh Turki

Share This
Tags

1affbc49-8cde-4c0e-bdee-fd89312d2747_169Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Amerika Serikat tahu jalur penerbangan pesawat tempur jenis Su-24 yang ditembak jatuh Turki. Putin menyatakan pihaknya telah memberi informasi awal soal jalur pesawat itu ke AS yang juga melancarkan operasi di Suriah.

“Pihak Amerika, yang memimpin koalisi militer tempat Turki bergabung, tahu soal lokasi dan jadwal waktu penerbangan pesawat-pesawat kami, dan kami ditembak tepat di sana dan pada saat itu,” ujar Putin dalam konferensi pers gabungan dengan Presiden Prancis Francois Hollande di Kremlin, seperti dilansir AFP, Jumat (27/11/2015).

Pernyataan Putin ini terkait dengan nota kesepahaman Rusia dan AS yang ditandatangani pada Oktober lalu, untuk meminimalkan risiko kontak antara pesawat-pesawat kedua negara di wilayah udara Suriah.

Putin juga membantah klaim Turki soal pihaknya yang tidak akan menembak jatuh pesawat tempur itu, jika tahu sejak awal pesawat itu milik Rusia. “Mereka (pesawat Rusia) memiliki tanda identifikasi dan semuanya jelas terlihat. Bukannya memastikan insiden seperti ini tidak akan terjadi lagi, kami malah mendengar penjelasan yang tidak bisa dipahami dan pernyataan soal tidak perlu meminta maaf,” ucapnya.

Lebih lanjut, Putin menuding Turki membeli minyak dari kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), yang selama ini memang mengandalkan pemasukan dari sektor energi. Putin menyatakan, tidak ada keraguan bahwa minyak-minyak dari wilayah Suriah yang dikuasai ISIS dibawa melintasi perbatasan Turki.

“Kami melihat dari udara ke mana kendaraan-kendaraan (yang membawa minyak) ini bergerak. Mereka bergerak ke Turki siang dan malam. Barel-barel ini tidak hanya membawa minyak, tapi juga darah warga kami karena dengan uang ini teroris membeli senjata dan amunisi kemudian melakukan serangan mematikan,” tudingnya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumnya menyatakan Turki akan bertindak berbeda jika mengetahui pesawat tempur yang melanggar wilayah udaranya merupakan pesawat Rusia. Erdogan juga mengungkapkan, Putin tidak menjawab teleponnya pada Selasa (24/11) setelah penembakan terjadi.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>