Published On: Wed, Dec 2nd, 2015

Ratusan Aparat Siap Amankan Debat Kandidat SBT

Share This
Tags

1Ratusan personil TNI-Polri siap dikerahkan mengamanakan jalannya acara debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang  berlangsung, hari ini  (3/12), di Gedung Serbaguna, Dinas Kesehatan, Kota Bula.

Ratusan personil ini akan ditempatkan didalam maupun diluar gedung tempat berlangsungnya acara tersebut. Kapolres SBT  AKBP Wawan Setiayawan yang dikomfirmasi wartawan usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD SBT mengatakan, untuk mengamankan jalanya acara tersebut pihaknya telah menyiapakan seratus personil polisi dari Polres SBT dan diperkuat sejumlah personil TNI.

“Untuk debat kita siapkan dari polres dengan perkuatannya dari TNI.  Yang disiapkan dari Polres seratus personil terutama untuk mengamankan disekitar lokasi saja.  Nanti dilain-lain tempat diperkuat juga dengam Polsek dan sebagainya, “ungkap Kapolres.

Sementara untuk mengamankan titik tertentu sejumlah personil juga ditempatkan untuk melakukan pengamanan disejumlah jalan utama di kota Bula ditambah lagi pengamanan di Kecamatan-kecamatan yang melibatkan seluruh personil yang ada setiap polsek-polsek yang ada di daerah itu.

Kapolres mengatakan, pihaknya akan menerapkan tiga zona sistem pengamanan untuk menjaga ketertiban acara itu. Tiga zona tersebut antara lain ring satu, ring dua dan ring tiga. Sistem pengamanan ini juga disesuaikan dengan jumlah personil yang akan diterjunkan.

“Itu nanti dibagi komposisi yang ada kita bagi di ring satu,  ring dua dan ring tiga. Ring satu di ruangan sekitar lokasi dan tempat-tempat umum lainnya, “ungkapnya.

Tak hanya penerapan sistem pengamanan yang dibagi menjadi tiga ring, kata Kapolres, pihaknya juga akan menggunakan strategi khusus untuk melakukan pengamanan dan menjaga ketertiban berlangsungnya acara tersebut.

Strategi pengamanan tersebut adalah mengedepankan upaya prefentif untuk mengantisipasi membludaknya jumlah massa yang ingin menyaksikan acara debat dan penyampaian visi-misi tersebut.

“Strategi kita adalah kita mengedepankan upaya-upaya prefentif, pengaturan, penjagaan dan hal ini untuk menjaga ketertiban berlangsungnya acara maupun kegiatan masyarakat lainnya yang pada hari itu ada, “katanya.

Dijelaskan,  pihaknya tidak akan memisah-misahkan massa pendukung kedua pasangan calon untuk berada di wilayah tertentu hal itu tergantung situasi yang akan terjadi di lapangan. Sebab, kehadiran masyarakat pada acara tersebut hanya sebatas mendengarkan visi dan misi kedua pasangan calon sebagai referensi untuk menentukan pilihan.

“Itu situasional, kita lihat situasi di lapangan.   Intinya debat ini sebagai salah satu agenda, disini khan masing-masing menyampaikan visi-misinya yang akan didengar masyarakat, “jelasnya.

PENGAMANAN PENCOBLOSAN

Sementara itu untuk melakukan pengamanan jelang pencoblosan 9 Desember 2015 nanti, pihaknya telah menyiapkan ratusan personil untuk pengamanan  semua kecamatan yang ada di kabupaten  SBT.

Ratusan personil tersebut akan dibagi pada empat zona disesuaikan kondisi geografis kabupaten SBT yang terdiri dari beberapa pulau. Empat itu antara lain zona satu meliputi Kecamatan Werinama dan Siwalalat, zona dua yakni Kecamatan Bula, Bula Barat hingga Tutuktolu, zona tiga berada pada Kecamatan Seram Timur dan Kelimury sementara zona empat adalah Kecamatan Pulau Gorom, Gorom Timur, pulau panjang sampai dengan Kecamatan Wakate-Teor.

“Pengamanan TPS saja kita siapkan 298 personil lalu untuk pasukan yang kita siapkan kita bagi 4 zona pengamanan. Pembagian zona ini berkaitan dengan situasi geografis, “katanya.

Setiap zona akan ditempatkan 1 SKK personil terdiri dari personil Polda Maluku ditambah personil yang ada di masing-masing Polsek. Namun untuk zona 2 meliputi Kecamatan Bula, Bula Barat hingga Kecamatan Tutuktolu akan ditempatkan 2 SKK karena luas wilayah dan juga merupakan ibukota Kabupaten SBT.

“Sekitar 500 sampai 600 personil kita bagi, disana (zona 1) pasukan siaganya 30 (1 SKK) dizona sini (zona dua) 2 SKK lalu di zona 3,  1 SKK plus dan zona 4, 1 SKK plus, “ungkap Wawan.

Penempatan personil pada setiap zona yang telah dibagi terutama untuk personil yang melakukan pengamanan TPS, akan disesuaikan dengan transporatsi yang ada terutama untuk wilayah yang berada di pelosok.

Namun pihaknya memastikan tanggal 5 Desember 2015 seluruh personil sudah dikerahkan ke masing-masing zona. Pihaknya juga telah menyiapkan personil khusus untuk melakukan pengawalan terhadap distribusi logistik pilkada ke masing-masing  wilayah.

“Tanggal 6 (Desember 2015) khan memasuki masa tenang, tanggal 5 kita sudah geser pasukan yang dari polri, kemudian untuk yang PAM TPS kita menyesuaikan dengan transpotasi yang ada ke wilayah-wilayah terutama yang pelosok-pelosok menyesuaikan jadwal kapal maupun sarana angkutan yang ada. Bahkan mungkin ada yang tanggal 3 tanggal 4 sudah berangkat mendahului. Untuk pengawalan distribusi logistik kita siapkan masing-masing daerah kita siapkan 2 personil, “jelasnya. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>