Published On: Thu, Jul 17th, 2014

Rekap Suara MBD Tertunda, Ambon Baru Hitung Tiga Kecamatan

Share This
Tags

457Rapat pleno rekapitulasi peng­hitungan suara Pilpres di Kabupaten MBD yang se­mula dijadwalkan berlang­sung Rabu (16/7) ternyata tertunda.

Tertundanya rapat pleno tersebut diakibatkan kapal yang meng­angkut surat suara beserta kotak suara yang dibawa dari PPK baru tiba di Kisar pada Rabu (16/7) pukul 17.00 WIT. “Memang sesuai jadwal itu rapat pleno harus dilakukan Rabu (16/7), namun KM Mitra Abadi yang me­ngangkut surat suara be­serta kotak suara baru tiba Rabu (16/7) sore, sehingga rencana ra­pat pleno dibatalkan,” jelas Komi­sioner KPU MBD, Jakob Alopatty Demny kepada Siwalima melalui telepon selu­lernya, Rabu (16/7).

Dijelaskan, memang sesuai jadwal rapat pleno harus digelar pada Rabu (16/7) namun ditunda hingga usai Lebaran. “Kapal baru tiba dari Leti sore tadi, sehingga kita tunda pelaksa­naan pleno di­tingkat KPU, dan akan dilaksa­nakan pada hari ini,” jelasnya.

Demny menegaskan, pihaknya akan berupaya semaksimal mung­kin untuk rapat pleno bisa selesai Kamis (17/7). “Kita berupaya dan berharap pleno akan selesai hari ini juga, wa­laupun sampai malam tetapi diusahakan selesai. Nanti­nya pada Sabtu (19/7), kami akan menggu­nakan pesawat dari kisar ke Ambon dengan membawa surat dan kotak suara,” tandasnya.

Saat ini sebanyak tujuh PPK yang ada di MBD telah berada di Kisar untuk siap menghadiri rapat pleno rekapitulasi suara. se­dangkan PPK Wetar masih mela­kukan rekapan sehingga mereka akan tiba pada Kamis (17/7) juga.

“Tujuh PPK sudah berada di Kisar yakni Pulau-Pulau Ter­se­latan, Damer, Leti, Moa-Lakor, Mdona Hiera, Pulau-Pulau Babar, Babar Timur, sedangkan We­tar akan tiba Kamis (17/7). Kami me­ngupayakan pleno tetap dilak­sanakan hingga tuntas dalam sehari,”Pungkasnya.

Rekap Dua PPK

Sementara itu, KPU Kota Ambon baru menuntaskan rekapitulasi penghitungan suara dari tiga kecamatan, Rabu (16/7).

Rapat pleno yang berlangsung di Balai Kota Ambon tersebut dipimpin Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kainama.

Hasil penghitungan sementara di tingkat KPU Kota Ambon, menem­patkan Jokowi-JK unggul atas Prabowo-Hatta. Di Kecamatan Nusaniwe, Jokowi-JK me­raih 32.910 suara sementara Pra­bowo-Hatta 15.705 suara.  Begitu juga di KecamatanLeitimur Selatan, Jo­kowi-JK meraih 4.502 suara se­men­tara Prabowo-Hatta 622 suara. Se­dangkan di KecamatanSirimau, Prabowo-Hatta unggul dengan meraih 41.477 suara mengalahkan Jokowi-JK yang hanya 34.658 suara.

Jokowi Unggul di Bursel

Pasangan Jokowi-JK juga ung­gul tipis di Kabupaten Bursel. Se­suai keputusan rapat pleno reka­pitulasi hasil penghitungan suara yang digelar KPU Bursel, Rabu (16/7), Jokowi-JK berhasil meraih 22. 925 suara (50,24 persen), se­dang­kan pasangan Prabowo-Hatta 22.733 suara (49,76 persen).

Jokowi-JK unggul tipis di empat dari enam kecamatan di Bursel tersebut, yakni Kecamatan Wae­sama (5.206 suara), Kecamatan Kepala Madan (3.849 suara), Kecamatan Leksula (5.157 suara) dan Kecamatan Fena Fafan (1.909 suara). Sedangkan, di Kecamatan Namrole, Jokowi-JK hanya meraih 4.875 suara, begitu pun di Kecamatan Ambalau (1.956 suara).

Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta, hanya unggul di dua Keca­matan, yaitu di Kecamatan Am­balau (5.206 suara) dan Keca­ma­tan Namrole (6.004 suara). Se­dang­kan di empat Kecamatan lainnya, Pra­bowo-Hatta kalah, yakni di Keca­matan Waesama (5.066 suara), Kecamatan Kepala Madan (2.771 suara), Kecamatan Leksula (3.167 suara) dan Keca­matan Fena Fafan (519 suara). (S-37/S-39/S-35)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>