Published On: Mon, Jan 19th, 2015

Rekomendasi Bermasalah, DPD PDIP Ancam Pecat PAC

Share This
Tags

323DPD PDIP Maluku akan turun langsung ke masing-masing kabupaten/kota untuk melakukan verifikasi berkas pengusulan calon ketua PAC, DPC maupun DPD yang bermasalah.

Pasalnya, disaat PAC lainnya bekerja sesuai aturan partai, namun 8 PAC yaitu Kabupaten SBT (2 PAC), Bursel (2 PAC) Buru (2 PAC) dan Kota Tual (2 PAC) masih bermasalah. Hal itu diakibatkan, PAC-PAC tersebut tak melakukan rapat tetapi langsung melakukan penunjukan terhadap calon ketua. Akibatnya, jika ternyata hasil verifikasi tetap bermasalah maka PAC-PAC tersebut bakal dipecat.

“Sekarang ini sementara dilakukan verifikasi terhadap beberapa PAC yang tidak melakukan rapat pengurus, tetapi mereka hanya mengisi nama-nama calon di formulir saja. Di Kabupaten SBT itu akan diverifikasi dan rapat ulang karena sementara berproses. Belum lagi Bursel, Buru dan Kota Tual. Khusus untuk Kota Tual sendiri, hasilnya lain karena diganti dengan orang lain,” tandas Sekretaris Internal DPD PDIP Maluku, John Jokohael kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Minggu (18/1).

Jokohael menegaskan, jika nantinya dari hasil verifikasi itu terus bermasalah maka akan ada langkah tegas berupa tindakan pemecatan oleh DPD.

“Untuk langkah DPD sendiri, ini kita akan ambil tindakan tegas bahkan sampai kepada pemecatan jika sampai tahap verifikasi terbukti. Tindakan pemecatan ini kewenangan DPD dan itu sudah dibicarakan,” tandasnya.

Saat ini, katanya dari pengurus DPD sementara turun di masing-masing PAC yang bermasalah untuk melakukan verifikasi berkas tersebut. Hanya saja Jokohael tidak merincikan siapa saja pengurus DPD yang turun di empat kabupaten/kota itu. “PAC yang ada di Kota Tual itu sementara diverifikasi oleh fungsionaris DPD Nancy Purmiasa,” kata Jokohael.

Kendati beberapa PAC sementara bermasalah, namun tidak mengganggu jadwal fit and proper test yang telah ditentukan.

Fit and proper test calonKetua PAC itu dilakukan oleh masing-masing DPC. Sementara DPC itu uji kelayakannya di Ambon. DPP akan turun melakukan fit and proper test untuk calon ketua DPC. Hal yang sama juga berlaku untuk calon Ketua DPD,” ungkapnya.

Ia menegaskan, target waktu itu paling lambat bulan Februari seluruh DPC sudah menggelar konfercab karena Konferda akan digelar pertengahan Maret dan Kongresnya awal April.

Menyangkut rekomendasi dukungan terhadap calon ketua DPD, Johohael enggan menjelaskan secara detail. Ia hanya mengaku Lucky Wattimury masih mendominasi perolehan dukungan dari PAC.

“Pak Lucky Wattimury masih peroleh dukungan terbanyak, karena hampir di seluruh PAC itu Wattimury menguat,” jelasnya. (S5)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>