Published On: Sat, Aug 29th, 2015

Saleh Thio Siap Lawan Sam

Share This
Tags

Bursa calon sekretaris daerah provinsi (Sekprov) Maluku akan bertambah ramai. Setelah Wakil walikota Ambon M.A.S. Latuconsina, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku, Muhammad Saleh Thio, juga akan mendaftar.

Hingga kemarin, baru nama Wakil walikota Ambon M.AS Latuconsina yang terisi dalam daftar nama peminat kursi Sekprov Maluku. Suasana di sekretariat pendaftaran calon sekprov, di ruangan badan kepegawaian daerah ( BKD) provinsi Maluku terpantau sepi aktivitas panitia seleksi. Hanya terlihat sejumlah staf BKD yang juga staf pada sekretariat Pansel, disamping aktivitas para pegawai lain di BKD.

“Belum ada tanda-tanda yang lain mendaftar,” ungkap salah satu staf di BKD Maluku, kemarin. Kepala BKD, Maritje Lopulalan yang ingin diwawancarai tentang perkembangan pendaftaran, menolak untuk memberikan penjelasan.

Anggota Pansel Sekprov itu beralasan, informasi dari pansel, hanya keluar satu pintu , yakni melalui ketua Pansel, Thomas Pentury.

“Itu sudah kesepakatan pansel,” kata Lopulalan melalui salah satu stafnya.
Sementara itu, sumber lain menyebutkan, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku M.Saleh Thio telah menyatakan kesiapan untuk mendaftar sebagai pengganti Ros Far-Far di kursi Sekprov itu.

“Beliau sudah siap untuk daftar. Mungkin tidak lama lagi, beliau daftar sebelum pendaftaran ditutup. Beliau sementara siapkan persyaratan,” ungkap sumber ini.
Hal itu tidak dibantah oleh Saleh Thio saat dikonfirmasi. “Sedang siapkan berkas,” singkat Saleh Thio via seluler, kemarin.

Kendati demikian, mantan kepala Dinas Sosial (Dinsos) Maluku belum bersedia memberikan penjelasan ketika ditanya tentang kapan dirinya akan mendaftar.” Sabar ya,” katanya.

Pembatu IV rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Nicholas Retaraubun mengemukakan, makin banyak yang mendaftar, makin memberikan peluang yang besar kepada pansel untuk mendapatkan figur terbaik. Karenanya, dengan akan mendaftarnya Saleh Thio harus diapresiasi.

“Soal siapa yang layak, itu nanti ditentukan oleh pansel. Kita punya aparatur pemerintah di daerah yang berpotensi. Semua punya kelebihan masing-masing. Tergantung kemampuan dalam mengelola birokrasi. Itu yang penting,” ujarnya.

Retraubun menilai, baik Sam Latuconisna maupun Saleh Thio memiliki kemampuan dalam hal kemimpinan. Tinggal pembobotan dengan persyaratan normatif lainnya.“Kita berharap, akan ada figur Sekda yang mampu bekerja untuk daerah dan masyarakat,” katanya. (MAN)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>