Published On: Tue, Jan 19th, 2016

Sambut Baik Pencabutan Sanksi, Khamenei Minta Iran Tetap Waspadai AS

Share This
Tags

3d6666be-0222-4cee-a0bb-0a700f3ad170_169Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyambut baik pencabutan sanksi internasional. Namun Khamenei memperingatkan agar Iran tetap waspada terhadap musuh lamanya, Amerika Serikat, yang penuh tipu daya.

Dilaporkan televisi nasional Iran, seperti dilansir Reuters, Selasa (19/1/2016), Khamenei menulis surat kepada Presiden Hassan Rouhani yang isinya menyampaikan ucapan selamat atas penerapan kesepakatan nuklir, yang berujung pencabutan sanksi dari AS, Uni Eropa dan PBB, akhir pekan lalu.

Dalam komentar pertamanya sejak kesepakatan nuklir diterapkan, otoritas tertinggi Iran memperjelas bahwa AS masih harus diperlakukan dengan penuh rasa curiga. Khamenei sama sekali tidak menyebut pertukaran tahanan antara Iran dengan AS yang terjadi baru-baru ini.

“Saya menekankan perlunya waspada terhadap negara-negara arogan yang penuh tipu daya dan pengkhianatan, khususnya Amerika Serikat, dalam isu ini (nuklir) dan isu-isu lainnya,” ucap Khamenei dalam pernyataannya.

“Berhati-hatilah agar pihak yang lain memenuhi komitmennya secara penuh. Komentar yang disampaikan beberapa politikus Amerika dalam dua, tiga hari terakhir mencurigakan,” imbuhnya.

Pernyataan Khamenei merujuk pada komentar bakal calon presiden AS dari Partai Republik yang mengkritik kesepakatan dengan Iran. Beberapa pejabat Iran khawatir jika AS ‘melarikan diri’ dari kesepakatan ketika Presiden Barack Obama mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2017 mendatang.

Harapan untuk meningkatkan hubungan dan kedekatan antara Iran dan AS kandas setelah pada Minggu (17/1), AS kembali menjatuhkan sanksi baru terhadap perusahaan-perusahaan yang dituding mendukung program rudal balistik Iran.

Sanksi baru ini jelas menuai kemarahan otoritas Iran. Pemerintah Iran mengumumkan akan terus mengembangkan program rudalnya. Bahkan Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan mengatakan, dalam waktu dekat Iran akan memamerkan rudal-rudal baru yang diproduksi.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>