Published On: Fri, Dec 29th, 2017

Sanchez Dua Gol, Arsenal Atasi Palace 3-2

Share This
Tags

Arsenal meraih kemenangan 3-2 saat tandang ke markas Crystal Palace. Alexis Sanchez mencetak dua gol di laga tersebut untuk membantu Arsenal meraih tiga poin.

Pertandingan di Selhurst Park, Jumat (29/12/2017) dini hari WIB, menjadi laga spesial untuk Arsene Wenger. Ini jadi laga ke-810 Wenger di Premier League, menyamai rekor Sir Alex Ferguson.

Di babak pertama, Arsenal mendapat sejumlah peluang bagus untuk mencetak gol. Tapi Arsenal hanya unggul 1-0 saat turun minum lewat gol Shkodran Mustafi di menit ke-25.

Palace membalas di awal babak kedua lewat gol Andros Townsend. Namun Alexis Sanchez mencetak dua gol dalam empat menit untuk membawa Arsenal memimpin.

Palace sempat menipiskan ketertinggalan di menit-menit akhir laga lewat tandukan James Tomkins. Meski terus dapat tekanan dari Palace, Arsenal mampu mempertahankan keunggulan 3-2 hingga wasit meniup peluit panjang.

Kemenangan ini tak mengubah posisi Arsenal di klasemen. The Gunners masih berada di peringkat enam dengan 37 poin. Meski punya jumlah poin sama dengan Tottenham Hotspur, Arsenal kalah selisih gol dari rivalnya itu. Sementara itu, Palace menempati posisi ke-16 dengan 18 poin.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim saling menyerang sejak awal pertandingan. Namun upaya-upaya yang dilancarkan Palace maupun Arsenal tak banyak yang mengancam gawang di menit-menit awal.

Sebuah serangan bagus dibangun Arsenal dari sisi kiri di menit ke-20. Tapi tendangan Granit Xhaka dari dalam kotak penalti masih bisa diblok pemain Palace.

Peluang kembali didapat Arsenal lewat tembakan Jack Wilshere. Namun kali ini bola tembakan Wilshere bisa diantisipasi oleh Julian Speroni.

Arsenal membuka keunggulan di menit ke-25. Tendangan bebas Mesut Oezil tak mampu dihalau dengan sempurna oleh barisan pertahanan Palace. Alexandre Lacazette kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang, tapi dihalau oleh Speroni. Bola muntah mengarah ke Shkodran Mustafi yang langsung memaksimalkannya untuk menjebol gawang Palace.

Oezil nyaris menggandakan keunggulan Arsenal di menit ke-30 usai menerima umpan terobosan dari Alexis Sanchez. Tinggal berhadapan dengan Speroni, Oezil gagal menyarangkan bola ke gawang setelah sepakannya digagalkan kiper Palace itu.

Tendangan bebas Sanchez juga belum membuahkan gol kedua untuk Arsenal. Eksekusi pemain asal Chile itu masih mengarah tepat ke Speroni.

Palace mengancam gawang Arsenal di menit ke-32. Wilfried Zaha yang bergerak di sisi kiri kemudian melakukan tusukan dan melepaskan tembakan. Namun upaya Zaha itu masih menyamping dari gawang Arsenal.

Upaya Lacazette untuk menggandakan keunggulan juga belum membuahkan hasil. Menguasai bola di depan kotak penalti, Lacazette kemudian berupaya mencari ruang tembak, namun penyelesaian akhirnya masih menyamping dari gawang Palace. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Arsenal langsung menggebrak. Tapi Hector Bellerin tak mampu memaksimalkan umpan dari Sanchez.

Justru Palace yang mampu mencetak gol balasan di menit ke-49. Bergerak di sisi kiri, Zaha melewati adangan Calum Chambers dan umpan yang dia lepaskan dituntaskan dengan sempurna oleh Andros Townsend.

Gol Townsend menambah kepercayaan diri Palace. Zaha kembali jadi motor serangan tuan rumah dan menghadirkan peluang untuk Loftus-Cheek. Tapi tendangannya diblok. Sepakan Zaha sendiri juga sempat memaksa Cech melakukan penyelamatan.

Zaha kembali menciptakan peluang untuk rekan setimnya, kali ini Jeff Schlupp. Tapi tendangan Schlupp hanya mengenai sisi luar jaring gawang.

Keunggulan Arsenal kembali di menit ke-62. Lacazette menerima bola dari Oezil berada dalam posisi membelakangi gawang. Striker asal Prancis itu kemudian mengoper bola kepada Sanchez yang langsung melepaskan tembakan untuk menaklukkan Speroni di tiang dekat.

Hanya berjarak empat menit, Sanchez kembali bikin gol untuk membawa Arsenal menjauh. Wilshere mengangkat bola melewati barisan pertahanan Palace dan jatuh ke kaki Sanchez. Peluang itu tak disia-siakan Sanchez dengan melepaskan tembakan ke pojok bawah gawang Palace.

Unggul dua gol, Wenger melakukan pergantian dengan menarik keluar Lacazette dan memasukkan Francis Coquelin. Sementara itu, Palace masih terus berupaya untuk mencetak gol balasan.

Tapi Zaha gagal memaksimalkan peluang yang didapat di menit ke-84. Umpan yang dilepaskan Bakary Sako mengarah ke Zaha yang berada tak jauh dari gawang. Namun sundulan Zaha tak mengarah ke sasaran.

Tekanan terus dilancarkan Palace. Umpan Zaha ke depan gawang mampu dihalau barisan pertahanan Arsenal. Tak lama kemudian, tendangan Sako membentur pemain Arsenal dan menghasilkan sepak pojok.

Dari sepak pojok di menit ke-89 itulah Palace menipiskan skor. James Tomkins menyambut tendangan sudut dengan sundulan kepalanya.

Di sisa waktu pertandingan, Palace masih berupaya untuk menyamakan kedudukan. Tapi skor 3-2 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Crystal Palace: Speroni, Kelly (Fosu-Mensah 80′), Tomkins, Dann, Schlupp, Townsend, Cabaye (McArthur 53′), Milivojevic, Loftus-Cheek (Sako 70′), Zaha, Benteke

Arsenal: Cech, Chambers, Koscielny, Mustafi, Bellerin, Xhaka (Maitland-Niles 87′), Wilshere, Kolasinac, Oezil, Sanchez, Lacazette (Coquelin 75′)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>