Published On: Tue, Apr 3rd, 2018

SANTUN-BAILEO Bakal Perang Survei

Share This
Tags

Kubu paslon BAILEO mengaku tak gentar dengan survei Indo Barometer untuk paslon SANTUN yang dirilis dua pekan lagi. “LSI juga kita punya, hasil surveinya akan dirilis dalam waktu dekat,” kata juru bicara paslon BAILEO, Azis Tuny kepada Kabar Timur, Senin, kemarin.

Azis mengatakan, blunder politik yang dilakukan calon gubernur petahana Said Assagaff akhir-akhir ini berkontribusi negatif bagi SANTUN. Mulai dari stetmen Maluku miskin asal bahagia, kemudian melempar kesalahan kepada para bupati dan wali kota atas angka kemiskinan yang tinggi di daerah.

Dan terakhir, insiden pemukulan dan perampasan Hp milik wartawan oleh sejumlah oknum ASN lingkaran dekat petahana Said Assagaff beberapa hari lalu. Azis Tuny yang juga pekerja media ini menyesalkan tindakan anarkis yang disebut-sebut diperintah oleh petahana itu.

“Jelas-jelas kontradiksi dengan jargon SANTUN. Maaf ini diluar konteks, tapi sebagai wartawan, kami harus marah. Kerja jurnalis mengawal Pilkada dihadapi dengan cara yang justru tidak santun,” katanya.

Lalu dengan nada tinggi, juru bicara tim paslon Murad Ismail-Barnabas Orno ini menyatakan, tak ada prestasi yang dibuat oleh calon gubernur petahana Said Assagaff. Sebut saja, indeks demokrasi yang dibangga-banggakan Assagaff, kata dia, merupakan prestasi banyak pihak di daerah ini.

“Indeks demokrasi kita terbaik di Indonesia, itu prestasi yang dirintis dari jaman Pak Gubernur Karel Ralahalu, dengan DPRD-nya, dengan Yudikatifnya Kejaksaan, Pengadilan dan Polisi itu bersama aparat TNI, LSM, media massa dan sebagainya. Bukan ansih hasil kerja petahana,” kata Azis.

Sebelumnya juru bicara tim paslon SANTUN Hearudin Tuarita mengatakan lembaga survei Indo Barometer dalam waktu dekat akan merilis hasil survei terbaru untuk SANTUN.”Tunggu saja, dua minggu kedepan, akan disampaikan oleh Indo Barometer,” tandas Tuarita dihubungi, Minggu (1/4).

Dia menepis sinyalemen yang berkembang di masyarakat, kalau SANTUN hanya melakukan kampanye terbatas dan, tidak melakukan blusukan ke akar rumput. “Buktinya di Seram Selatan, sambutan di desa-desa luar biasa, saya ada ikut kok. Antusiasme ini menunjukkan tingkat kesukaan dan penerimaan masyarakat yang begitu tinggi terhadap SANTUN,” ujar Tuarita.

Sedang dari paslon Murad Ismail-Barnabas Orno dengan jargon BAILEO, menyebutkan kedua figur intens berkampanye di 11 Kabupaten/Kota. Ketimbang SANTUN yang diinformasikan hanya melalui kampanye terbatas, paslon yang diusung koalisi jumbo ini mengandalkan blusukan ke akar rumput.

“Hanya BAILEO yang temui masyarakat di akar rumput. Agar paling tidak BAILEO bisa dengar semua keluhan masyarakat. Sekaligus masyarakat bisa kenal siapa Murad Ismail dan Barnabas Orno dan menjadi pilihan politik mereka,” kata Abdullah Marasabessy politisi dan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi Maluku kepada Kabar Timur, sabtu, pekan kemarin.

Dia yakin gencarnya sosialiasi yang dilakukan Murad Ismail-Barnabas Orno berpengaruh ter­hadap elektabilitas paslon lain. Dia berharap apa yang dilakukan ke­dua paslon ini berbanding lurus de­ngan angka keterpilihan saat hari H pen­­coblosan, 27 Juni 2018 nanti. (Kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>