Published On: Tue, Apr 3rd, 2018

SANTUN: Tunggu Indo Barometer, BAILEO Tambah Optimis

Share This
Tags

Lagi dua bulan lebih sebelum hari “H” pencoblosan, namun konstalasi jelang Pilgub Maluku sepi dengan hiruk pikuk politik. Tapi dari kerja-kerja sosialisasi di lapangan, SANTUN, BAILEO dan HEBAT sama-sama mengklaim optimistis menang. Seperti apa?

Yang pertama, pasangan calon Said Assagaff-Andre Rentanubun dengan akronim SANTUN, hasil survei yang dirilis MSS 25 Maret lalu, ada tren atau kecenderungan parameter tertentu turun. Namun juru bicara tim, Hearudin Tuarita mengatakan, satu parameter lain yang bakal jadi andalan dan, tidak dimiliki paslon lain.

Sayangnya apa parameter itu, dia enggan mengungkapkan. Intinya, Indo Barometer dalam waktu dekat akan merilis hasil survei terbaru untuk SANTUN. “Tunggu saja, dua minggu kedepan, akan disampaikan oleh Indo Barometer,” tandas Tuarita dihubungi, Minggu (1/4).

Dia menepis sinyalemen yang berkembang di masyarakat, kalau SANTUN hanya melakukan kampanye terbatas dan, tidak melakukan blusukan ke akar rumput. Haerudin mengaku, Ambon dan Masohi, paslon SANTUN tidak lagi intens, tapi di desa-desa paslon disambut antusiasme warga.

“Buktinya di Seram Selatan, sambutan di desa-desa luar biasa, saya ada ikut kok. Antusiasme ini menunjukkan tingkat kesukaan dan penerimaan masyarakat yang begitu tinggi terhadap SANTUN,” ujar Tuarita.

Informasi lain dari paslon Murad Ismail-Barnabas Orno dengan jargon BAILEO, menyebutkan kedua figur intens berkampanye di 11 Kabupaten/Kota. Ketimbang SANTUN yang diinformasikan hanya melalui kampanye terbatas, paslon yang diusung koalisi jumbo ini mengandalkan blusukan ke akar rumput.

“Hanya BAILEO yang temui masyarakat di akar rumput. Agar paling tidak BAILEO bisa dengar semua keluhan masyarakat. Sekaligus masyarakat bisa kenal siapa Murad Ismail dan Barnabas Orno dan menjadi pilihan politik mereka,” kata Abdullah Marasabessy politisi dan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi Maluku kepada Kabar Timur, sabtu, pekan kemarin.

Dia yakin gencarnya sosialiasi yang dilakukan Murad Ismail-Barnabas Orno berpengaruh terhadap elektabilitas paslon lain. Dia berharap apa yang dilakukan kedua paslon ini berbanding lurus dengan angka keterpilihan saat hari H pencoblosan, 27 Juni 2018 nanti.

Sementara itu juru bicara tim paslon Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath dengan akronim HEBABT Michael Palijama menyatakan, dirinya optimistis kedua pasangan pada akhirnya memiliki angka elektabilitas tertinggi. Diakui, HEBAT belum menggunakan lembaga survei.

Tapi  lembaga yang bekerja untuk kandidat lain, ternyata menempatkan paslon HEBAT pada level yang tinggi dalam elektabilitas. “Itulah kelebihan HEBAT, lembaga-lembaga survei kerja untuk paslon lain, tapi HEBAT dapat hasil yang baik di survei,” katanya dihubungi melalui telepon seluler.  (Kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>