Published On: Mon, Feb 1st, 2016

Seorang WNI Ditangkap di Arab Saudi karena Dugaan Terlibat Aksi Teror

Share This
Tags

0838521Polisi-Saudi11780x390Seorang warga negara Indonesia dan belasan orang warga asing lainnya dikabarkan ditangkap oleh aparat Arab Saudi karena dugaan keterlibatan dalam serangan di negara tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Kompas.com masih mengupayakan konfirmasi dari Kementerian Luar Negeri RI terkait penangkapan WNI tersebut.

Kantor berita AFP melaporkan, berdasarkan pemberitaan surat kabar Saudi Gazette, pihak berwajib Arab Saudi juga menangkap sembilan warga negara Amerika Serikat. Empat di antaranya ditangkap pada Senin lalu, sedangkan lima lainnya diringkus dalam empat hari terakhir.

Polisi juga menangkap 14 warga Saudi, tiga orang Yaman, dua warga Suriah, serta masing-masing seorang dari Filipina, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, dan Palestina.

Tidak disebutkan apakah penangkapan itu terkait dengan pernyataan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISI), yang mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan terhadap pasukan keamanan Saudi dan warga Syiah di Saudi dalam beberapa bulan terakhir.

Seorang pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah masjid Syiah di Provinsi Timur Saudi yang menewaskan empat orang, Jumat pekan lalu.

Saudi Gazette mengatakan sekitar 532 tersangka ISIS yang dituduh merencanakan serangan di Saudi sedang diperiksa menjelang peradilan kriminal di Riyadh.

Kementerian Dalam Negeri Saudi tengah memburu sembilan tersangka yang terlibat dalam serangan bom bunuh diri Agustus 2015.

Serangan itu menyasar sebuah masjid di markas besar polisi di Kota Abha dan menewaskan 15 orang. ISIS menyatakan bertanggung jawab atas serangan bom itu.

Pemerintah menyatakan tiga tersangka, termasuk seorang pasukan khusus Arab Saudi, ditangkap dalam kaitannya dengan peristiwa tersebut.

Pemerintah Arab Saudi menawarkan imbalan sejuta riyal dan tujuh juta riyal kepada siapa pun yang membantu menangkap pelaku teror atau menggagalkan serangan teror.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>