Published On: Wed, May 27th, 2015

Separatisme Dapat Dicegah Dengan Pancasila

Share This
Tags

11350405_1118483451498965_2042882734820244636_nLembaga Studi Pancasila Darussalam (LSPD) menggelar Focus Group Discusion (FGD) yang mengangkat topik Peran Pancasila Dalam Menangkal Ideologi Separatis. Kegiatan ini bertempat di pelataran kampus STIA Alaska, Jum’at 22 Mei 2015.

Narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut ialah Ketua Bidang OKK DPD KNPI Kota Ambon Rusdi Rumata. Puluhan mahasiswa turut berpartisipasi.

Rusdi mengatakan, ditengah maraknya isu separatisme yang mengancam keutuhan NKRI, hal ini bisa dicegah dengan kekuatan Pancasila. Pancasila memiliki kesaktian yang bisa memperkuat nasionalisme serta persatuan dan kesatuan bangsa atas berbagai ideologi-ideologi separatis yang sudah ada atau yang akan muncul.

Lanjut Rusdi, Indonesia sebagai negara kepulauan (Archipelagic State) yang memiliki keaneka ragaman baik dilihat dari segi ras, agama, bahasa, suku bangsa dan adat istiadat,  serta kondisi faktual ini disatu sisi merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain yang tetap harus dipelihara.

Keanekaragaman tersebut juga mengandung potensi konflik yang jika tidak dikelola dengan baik dapat mengancam keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa, seperti gerakan separatisme yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akibat dari ketidakpuasan dan perbedaan kepentingan yang dapat mengakibatkan terjadinya disintegrasi bangsa.

Ancaman disintegrasi bangsa dibeberapa bagian wilayah sudah berkembang sedemikian kuat. Oleh sebab itu, pengaruh lingkungan global dan regional mampu menggeser dan merubah tata nilai dan tata laku sosial budaya masyarakat Indonesia yang pada akhirnya dapat membawa pengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pertahanan keamanan.

Untuk itu pembangunan dan pengamanan wilayah NKRI harus dilakukan melalui pendekatan melalui pendekatan pembangunan kesejahteraan, politik, hukum, dan keamanan. Pembangunan nasional yang diharapkan dapat menghasilkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan masyarakat. Sehingga dapat dijadikan sebagai landasan yang kokoh dalam upaya mencapai masyarakat Indonesia yang maju dan mandiri dalam suasana tentram dan sejahtera lahir dan batin, dalam tata kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang berlandaskan Pancasila, pada kenyataannya belum terwujud.

Pancasila sebagai ideologi negara yang lahir dari ide-ide bangsa yang mengandung nilai-nilai hakiki. Menghadapi situasi dan kondisi demikian kita harus memiliki satu visi. Baik para pemimpin pemerintahan, sipil maupun militer, juga para elite politik, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh partai serta media massa. Selain penyamanan visi, aktualisasi peran Pancasila sangat penting dilakukan agar setiap bentuk ideologi separatis itu dapat dengan mudah dicegah.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>