Published On: Mon, Feb 15th, 2016

Siap Kirim Tentara ke Suriah, Arab Saudi Tunggu Keputusan AS

Share This
Tags

2900a76e-a1a3-4e4d-8042-30ad7d4a5692_169Pemerintah Arab Saudi telah menyatakan kesiapannya untuk mengirimkan pasukan khusus ke Suriah guna memerangi kelompok radikal ISIS. Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel al-Jubeir, kesiapan tersebut tergantung pada keputusan pemerintah Amerika Serikat.

“Kesiapan Kerajaan ini untuk menyediakan pasukan khusus ke dalam operasi darat di Suriah, terkait dengan keputusan soal adanya komponen darat untuk koalisi memerangi ISIS di Suriah — koalisi yang dipimpin AS ini — jadi soal waktunya tidak terserah pada kami,” tutur al-Jubeir saat konferensi pers di Riyadh, Saudi.

“Mengenai waktu misi atau besarnya pasukan, ini masih harus dibahas,” imbuhnya seperti dilansir media Press TV,Senin (15/2/2016). Namun pejabat tinggi Saudi itu menolak menjelaskan lebih rinci mengenai hal ini.

Sebelumnya pada 12 Februari lalu, al-Jubeir mengatakan pada media CNN, bahwa Saudi siap mengerahkan pasukan khusus ke Suriah jika koalisi yang dipimpin AS memutuskan untuk mengirimkan pasukan darat. Koalisi AS telah melancarkan serangan-serangan udara terhadap kelompok ISIS di Suriah sejak September 2014.

Sementara itu, Saudi telah mengerahkan pesawat-pesawat perangnya ke Pangkalan Udara Incirlik di Turki selatan, sebagai bagian dari upaya memerangi kelompok ISIS di Suriah.

Sebelumnya, Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, Saudi dan Turki bisa melancarkan operasi darat di Suriah, jika memang ada strategi untuk itu.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>