Published On: Sun, Jan 24th, 2016

Sidang Sinode GPM ke-37 Dimulai, 6 Nama Masih Berpeluang Jadi Ketua

Share This
Tags

sidang-sinode-de-pattinasaranySidang Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) ke-37 dimulai Minggu pagi (24/1/2016). Pembukaan sidang ditandai dengan ibadah di Gereja Maranatha, Ambon. Rencananya Sidang Sinode akan berakhir pada 3 Februari 2016 mendatang dan ditandai dengan pelantikan Ketua Sinode GPM terpilih menggantikan Pdt John Ruhulesin.

Pelaksanaan Sidang Sinode juga sudah didahului dengan pelaksanaan sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Sinode GPM, yang telah berakhir Sabtu (23/1/2016).

Di berbagai media sosial, ucapan selamat atas pelaksanaan Sidang Sinode GPM ke-37 disampaikan dari berbagai pihak. “Doa kami, para pelayan dan umat se-Klasis GPM Tanimbar Selatan untuk Sidang ke-37 Sinode Gereja Protestan Maluku 24 Januari – 3 Februari 2016. Semoga berlangsung dengan aman, lancar dan sukses,” tulis Max Syauta, di laman Facebook.

Begitu juga Marchell Paliama yang menulis di akun FB-nya, “Dalam Iman, Pengharapan dan Kasih… Mari selaku Umat dan Pelayan Gereja Protestan Maluku… Berdoa dan Dukung Pelaksanaan Sidang Sinode GPM ke-37…”

Sebelumnya, Ketua Sinode GPM Pdt John Ruhulesin menyatakan sidang sinode yang berlangsung hampir satu pekan akan menghadirkan sejumlah isu terpenting diantaranya: laporan pertanggungjawaban MPH selama lima tahun, laporan keuangan gereja, menetapkan ajaran gereja yang dijadikan sebagai jantung teologi GPM dan harus dimiliki agar supaya gereja dapat diarahkan ke sesuatu yang lebih baik.

Selain itu, akan dilakukan review tata gereja yang didalamnya memuat tentang aturan pokok , aturan organik karena GPM memiliki hirarki yang jelas serta beberapa isu penting yang relevan lainnya.

Diakuinya, selain sebagai peristiwa iman, sidang sinode merupakan sebuah proses demokrasi pengambilan keputusan tertinggi oleh GPM, yaitu dengan pelaksanaan pemilihan MPH masa bakti 2015- 2020.

Ruhulesin sendiri memprediksi ada lima calon yang akan menggantikan dirinya, tanpa mau merinci siapa saja. Namun, dari kabar yang beredar, saat ini sudah ada enam tokoh GPM yang dinilai layak menjadi Ketua Sinode pasca Ruhulesin. Mereka adalah AJS Werinussa (mantan anggota MPH Sinode GPM periode 2005-2010), C Aliyona (Rektor UKIM), AML Batlayeri (mantan Rektor UKIM), IH Hetharie (mantan Ketua Klasis Kota Ambon), Elifas Maspaitella (mantan Ketua Umum PB AMGPM) dan Jacky Manuputty (Ketua Balitbang GPM).

Menjelang proses suksesi ini, Ruhulessin meminta warga jemaat di seluruh wilayah pelayanan sinode GPM baik Maluku dan Maluku Utara dapat berdoa agar Tuhan menunjukan jalan untuk memilih siapa yang berhak menjadi Ketua MPH Sinode GPM sesuai kehendakNya.

Nantinya, sebanyak 265 suara dari peserta biasa akan menentukan figur terbaik yang akan memimpin MPH Sinode GPM serta umat yang tersebar di 32 klasis di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Peserta biasa tersebut terdiri dari MPH Sinode (9 orang), Ketua Klasis (32 orang) dan Perutusan Klasis (256 orang – setiap klasis mengutus 8 orang). (avp)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>