Published On: Thu, Apr 14th, 2016

SMPN 19 Ambon Miliki Visi dan Misi Perpustakaan

Share This
Tags

SMP 19Perpustakaan pada SMP Negeri 19 Ambon memiliki Visi dan Misi sehingga tidak heran kalau perpustakaan sekolah ini pernah mewakili Provinsi Maluku pada lomba tingkat Nasional di Jakarta.

Visinya adalah: Menjadikan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber informasi yang bermutu, dinamis, kreatif dan inovatif. Sedangkan Misinya adalah (1).Meningkatkan mutu literature, baik dari segi kuantitas maupun kualitas serta peningkatan kualitas pengelola perpustakaan, (2).Meningkatkan kualitas layanan sesuai dengan perkembangan iptek, (3).Mengembangkan kreatifitas guru dan siswa, (4).Meningkatkan kualitas layanan jasa perpustakaan yang mampu memenuhi kebutuhan para pengguna layanan perpustakaan.

Demikian keterangan Kepala SMP Negeri 19 Ambon Ny. C. Berhitu, S.Pd. M.Pd kepada Tribun-Maluku.com diruang kerjanya, Kamis (14/4).

Dikatakan, visi dan misi ini sebagai respons sekolah ini terhadap program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang dicanangkan oleh Menteri P dan K RI Prof. Anies Baswedan tahun 2015 lalu. Implementasi dari GMGM berupa Wajib Baca Serempak selama 15 menit sebelum proses belajar mengajar.

Kendalanya ada pada kekurangan buku, namun tidak mengurungkan niat siswa untuk wajib baca serempak selama 15 menit. Kedepan akan dibuat sudut/pojok baca pada setiap kelas dan upaya sekolah untuk pengadaan buku, sehingga diharapkan ada bantuan buku dari Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Hasil pantauan media ini terlihat bahwa perpustakaan SMP Negeri 19 Ambon memiliki sebuah gedung perpustakaan yang representatif yang dilengkapi dengan saran penunjang, walaupun belum memenuhi Standar Nasional Indonesia Perpustakaan.

Ada ruang kerja pengelola perpustakaan dan ada ruang baca yang memiliki fasilitas berupa rak buku 5 buah, komputer 2 unit, meja baca 8 buah dan meja baca kelompok 1buah, ada katalog dan koleksi atau judul buku terdiri dari Fiksi, Non Fiksi, Majalah, Surat Kabar Metro Maluku, Ambon Ekspres dan Rakyat Maluku, buku referens berupa Kamus dan Ensiklopedia, serta buku mata pelajaran untuk semua bidang studi.

Terdapat juga papan struktur Pengurus Perpustakaan yang terdiri dari Kepala (Ny. Henst, S.Pd) dan dibantu oleh beberapa anggota pengurus.

Kepala Perpustakaan SMPN 19 Ny. Henst, S.Pd mengatakan, rata-rata pengujung pada perpustakaan ini antara 20-30 orang perbulan baik guru, pegawai dan siswa.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>