Published On: Fri, Mar 16th, 2018

Soal LIN yang Belum Terwujud – Retraubun : Pemprov Harus Tanyakan ke Pempus

Share This
Tags

Pemprov Maluku seharusnya pro aktif mempertanyakan kenapa program Pumbung Iklan Nasional (LIN) belum terwujud untuk Maluku. Hal itu disampaikan Akademisi Unpatti, Alex Retraubun ketika menjadi narasumber pada acara forum dialog bidang kemaritiman dengan tema optimismes penyelematan potensi kelautan yang berlangsung di Swissbelhotel, Kamis (15/3) di Ambon.

Menurutnya, masyarakat Maluku tidak pernah meminta LIN, tetapi dicanangkan oleh Presiden Susulo Bambang Yudoyono pada saat Sail Banda Agustus 2010 yang lalu. “Yang anehnya, sampai sekarang tidak ada penjelasan dari pusat kenapa kebijakan ini tidak disetujui,” tandas Retraubun.

Segala upaya telah diperjuangkan oleh pemerintah sampai dengan masyarakat agar LIN dapat terwujud namun sampai tahun 2018 tidak terlaksana.  “Kita sangat menginginkan sekali kebijakan pemerintah pusat terkait dengan LIN,” kata Retraubun.

Dikatakan, banyak sekali teroosan yang sudah dilakukan pemprov, tinggal menungu apakah pemerintah pusat menyetujui atau tidak. “Saya katakan pemerintah pusat diam seribu bahasa. Kalau pemerintah pusat menginginkan apa yang harus kita buat agar bisa tercapai LIN, maka itu yang kita buat, namun kenyataan pemerintah pusat hanya diam,” ujarnya.

Ia mengaku, semua persyaratan untuk menjadikan Maluku menjadi lumbung ikan  nasional sudah terpenuhi. Dimana Maluku memiliki luas laut dan kekayaan alam yang jauh dibandingkan dengan daerah lain, sehingga pantas kalau LIN ada di Maluku.

Sayangnya pempus mengabai­kan semua itu. Olehnya Retraubun berjanji akan memperjuangkannya kepada masyarakat Maluku. Sementara itu Asiasten Deputi Bidang Budaya, Seni dan Olahraga Bahari Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman, Kosmas Harefa mengakui memang perjuangan masyarakat Maluku sudah luar biasa.

“Ada hal lain yang memang perlu diperhatikan, misalnya status Bandara Pattimura apakah statusnya sudah dinaikan agar ada penerbangan pesawat kargo dari Ambon ke luar negeri atau penambahan sarana dan prasaran seperti pelabuhan dan lainnya juga harus jadi perhatian,” jelas Harefa.

Dirinya berjanji akan menyampaikan keluhan dari masyarakan Maluku ke pemerintah pusat untuk mewujudkan LIN. “Kami memang tidak memiliki anggaran tetapi kami punya power untuk menekan kementerian yang lain termasuk perikanan mewujudkan Maluku menjadi lumbung ikan nasional,” janji Harefa. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>