Published On: Sat, Jun 13th, 2015

Survei Calkada Golkar Ancol Masih Tertunda

Share This
Tags

Golkar-copyDPD Golkar versi Munas Ancol telah melakukan uji kelayakan terhadap bakal calon kepala daerah di empat kabupten yang akan melaksanakan pilkada serentak pada Selasa (26/5) lalu.

Walau begitu, hingga saat ini pelaksanaan survei masih tertunda. Belum ada kepastian Golkar yang dipimpin Ketua DPP Agung Laksono melakukan survei.

Kepada Siwalima, melalui telepon seluler­nya Jumat (12/6), Plt Sekretaris DPD Golkar Maluku, Jimmy Papilaya mengatakan belum ada kepastian dari DPP.

“Kami sudah menyerahkan hasil uji kelayakan kepada DPP. Mereka sementara mengkonsolidasikan tanggal untuk turun survei namun belum ada informasi mengenai kepastiannya,” katanya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai salah satu keputusan islah yang menghendaki adanya pilkada bersama antara kedua kubu Golkar yang sedang berseteru, Papilaya mengaku saat ini sementara dinegosiasikan di Jakarta.

“Sekarang sedang tarik menarik karena di Maluku, Golkar versi Munas Ancol telah selesai melaksanakan uji kelayakan sementara Golkar versi Munas Bali baru saja selesai melakukan proses penjaringan calkada. Hasil dari islah bisa saja membuat kesalahan persepsi dari kedua kubu,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, proses negosiasi antar kedua kubu sementara berlangsung dan ia sendiri belum mendapat informasi bagaimana keputusan akhirnya dari Jakarta.

Balon Bupati Bursel yang telah mengikuti uji kelayakan Golkar Ancol yaitu Thaib Souwakil dan Tagop Soulisa. Ada juga balon wakil bupati Ayub ‘Buce’ Seleky dan Nikolaus Nurlatu.

Dari Kabupaten SBT terlihat hadir incumbent Siti Suruwaky dan pasangannya Syarifudin Goo serta balon bupati Taslim Tuhuteru dan Idris Rumalutur.

Sementara Kabupaten MBD, yang hadir hanyalah pasangan Barnabas Orno dan Benjamin Noach. Sedangkan di kabupaten Aru, hanya balon Bupati Wellem Kurnala yang hadir.

Rapimnas

Sementara itu, DPD Golkar Provinsi Maluku versi Ancol akan menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang akan diselenggarakan dibawah kepengurusan Munas Riau, yang akan berlangsung di Jakarta, 12-14 Juni.

Kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Jumat (12/6), Sekretaris DPD Golkar Maluku, Fatani Sohilauw mengatakan Rapimnas yang digelar nantinya akan menghadirkan kader Golkar di seluruh Indonesia baik yang ada di kubu Munas Bali maupun Munas Ancol.

“Dari DPD I yang akan berangkat mengikuti Rapimnas adalah Ketua DPD, Zeth Sahuburua, saya sendiri sebagai sekretaris dan Merry Maail sebagai keterwakilan unsur perempuan,” katanya

Dikatakan, Ketua DPD II Golkar dari 11 kabupaten/kota yang ada di Maluku juga diundang untuk ikut dalam Rapimnas.

“Dalam Rapimnas nantinya, DPD Golkar diminta untuk melaporkan mengenai perkembangan politik di darah yaitu mengenai persiapan menghadapi pilkada serentak,” katanya.

Ia juga menjelaskan DPD Golkar Maluku juga akan menyampaikan siapa saja bakal calon kepala daerah yang telah mendaftar dalam bursa pendaftaran Golkar versi ARB yang telah dibuka semenjak 25 Mei – 9 Juni lalu.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 26 bakal calon (balon) kepala daerah bersaing meraih rekomendasi dari Partai Golkar untuk mengikuti pilkada serentak di Kabupaten SBT, Aru, MBD dan Bursel.

Di Kabupaten MBD terdapat 3 pasangan balon bupati-wakil bupati yang mendaftar yaitu Simon Moshe Maahury – Kim Devits Markus, Arnolis Leipeny – Semuel Letelay dan Barnabas Orno-Benjamin Noach. Sedangkan balon bupati diantaranya YA Petrus Bastian, Nikolas Kilikily dan Johanes Letelay. Ada juga Johanes Franz sebagai calon wakil bupati.

Sedangkan salah seorang balon bupati lainnya yaitu Abraham Malioy memang mengembalikan berkas namun pasangan balon wakil bupatinya, Vecky Untailawan ternyata tidak setuju untuk maju berpasangan.

Untuk Kabupaten SBT, terdapat dua pasangan balon yaitu Mukti Keliobas – Fahri Alkatiry serta Sitti Suruwaky – Syarifuddin Goo. Terdapat juga dua calon bupati yaitu Idris Lumalutur dan  M Fatani Sohilauw.

Di Kabupaten Kepulauan Aru, terdapat dua balon bupati yang mengembalikan berkas yaitu Soleman Mantaybobir dan Sarifudin Hamu.

Untuk Kabupaten Bursel ada tiga pasangan balon yang mengembalikan berkas yaitu pasangan Tagop S Soulisa – Ayub Seleky, Hakim Fatsey – Ajaddad Makassar, Taib Souwakil – Maxmillian Lesnussa. Sedangkan hanya ada satu balon bupati yang mengembalikan berkas yaitu Masrudin Soulisa. (S5)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>