Published On: Sat, Dec 30th, 2017

Tamasya ke Belanda, Tiga Perda Batal Ditetapkan

Share This
Tags

Penetapan tiga ranperda menjadi perda yang telah diagendakan oleh Badan Musyawarah DPRD Kota Ambon dalam sidang paripurna yang harus dilaksanakan pada 22 Desember kemarin batal dilaksanakan.

Batalnya penetapan perda-perda ini disinyalir kuat lantaran, hampir seluruh pimpinan fraksi serta beberapa anggota DPRD ikut bersama rombongan Pemkot Ambon tamasya ke Belanda. Padahal tiga perda yang akan ditetapkan tersebut merupakan perda inisiatif pihak eksekutif yakni, Ranperda tentang Pemi­lihan, Pelantikan dan Pember­hentian Kepala Desa, Ranperda tentang Rumah Susun, dan Ranperda tentang Pencegahan, Penanggulangan Bahaya Kebakaran dan Penyelamatan.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Ambon Jhony Wattimena saat dikonfirmasi Siwalima di Baileo Rakyat Belakang Soya, Jumat (29/12), terkait hal ini mengaku, salah satu faktor molornya agenda penetapan tiga perda ini karena terganggu dengan agenda kunjungan rombongan pemkot bersama dengan beberapa anggota DPRD ke Belanda.

“Memang molornya penetapan ketiga perda baru usulan pemkot itu karena ada agenda DPRD dengan pemkot yang ke Belanda, sehingga menggangu pembahasan ranperda,” akuinya.

Wattimena yang juga Ketua Pansus Ranperda tentang Pencegahan, Penanggulangan Bahaya Kebakaran dan Penyelamatan menjelaskan, seharusnya pemkot mempunyai atensi atau perhatian untuk membahas ranperda ini, mengingat ketiga ranperda ini merupakan inisiatif mereka.

“Ketiga ranperda ini kan merupakan inisiatif pemkot, seharusnya pemkot punya atensi, tapi mereka lebih memilih ke Belanda sehingga penetapan perda-perda ini jadi molor,” kesalnya.

Sementara itu Ketua Badan Pembuat Perda (BPP) DPRD Kota Ambon Rofik Akbar Afiffudin menegaskan, penetapan 3 ranperda ini menjadi perda, wajib dilakukan sebelum masa sidang III berakhir pada awal Januari mendatang.

“Ketiga ranperda ini sangat dibutuhkan, sehingga penting untuk ditetapkan dalam masa sidang ini, terutama Ranperda tentang Desa, karena di tahun 2018 ada pilkades serentak sebab telah diplot dalam anggaran 2018,” tegasnya.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>