Published On: Sat, May 24th, 2014

Tambah Tersangka Multimedia, Tunggu Hasil Audit BPKP

Share This
Tags

multimediaKejaksaan Tinggi Maluku tidak ingin terburu-buru menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi proyek pengadaan peralatan multimedia. Penambahan tersangka setelah Kejati mengantongi hasil audit kerugian negara oleh BPKP Perwakilan Maluku atas proyek tahun 2011 sebesar Rp 1.574.425.000.

Soal penambahan tersangka di kasus korupsi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku ini, Kepala Seksi Penkum dan Humas Kejati Maluku, Bobby Kin Palapia, ogah berkomentar.

Ia mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat ke BPKP Maluku untuk meminta dilakukan audit kerugian negara atas proyek itu. “Memasng sudah ada hasil audit investigasi tetapi dari keterangan saksi-saksi dan tersangka, tim jaksa meminta untuk dilakukan audit kerugian negara,” katanya, kemarin.

Sumber Kabar Timur mengungkapkan, penambahan tersangka ini setelah tim jaksa melakukan peme­­riksaan terhadap saksi-saksi dan tersangka. “Hasil pemeriksaan mengarah ke calon tersangka lain,” kata sumber yang menolak namanya dikorankan itu.

Dari tiga tersangka, pekan lalu tim jaksa penyidik sudah memeriksa dua tersangka yakni, Bernadus A. Jamlay selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Elias Soplantila Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dalam proyek multimedia.

Sementara Direktur CV Talenta Karya, Marthen Latupeirissa selaku kontraktor yang mengerjakan proyek itu belum diperiksa dalam statusnya tersangka. Meski satu tersangka belum diperiksa, tim jaksa penyidik mengaku proses pemeriksaan saksi dan tersangka dinyatakan selesai.

Tim jaksa masih menunggu hasil audit kerugian negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Maluku dan tim ahli multimedia untuk melengkapi berkas perkara kasus itu.

Terpisah, jaksa penyidik Kejati Maluku, Sammy Sapulette memastikan pemeriksaan saksi untuk kasus proyek peralatan multimedia sudah selesai dilakukan. “Pemeriksaan saksi dalam perkara multimedia sudah selesai kami lakukan, saat ini kami hanya menunggu hasil audit BPKP Maluku,” kata Kepala Seksi Penyidikan pada Pidsus Kejati Maluku itu. (katim)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>