Published On: Mon, Nov 17th, 2014

Tari Seka Sebagai Icon Pulau Masela

Share This
Tags

TariBalai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Ambon selalu melakukan sosialisasi, sekaligus merupakan upaya perlindungan dan pelestarian warisan budaya pada wailayah perbatasan di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku.

Pelestarian nilai budaya yang telah dilakukan BPNB Ambon di MBD adalah vestifal budaya Tari Seka se pulau Masela, tanggal 30 Oktober 2014 yang melibatkan 17 peserta(group).

Tari Seka adalah icon Pulau Masela dan vestifal ini dibuka dengan resmi oleh Plh. Camat Pulau Masela Frets Lawiyaru, S.Sos.

Demikian keterangan Stenly Loupatty, S.Pd ketua panitia vestifal,  Balai Pelestarian Nilai Budaya kepada wartawan di Ambon Senin (17/11/2014).

Tema dari vestifal ini adalah: Penguatan jati diri bangsa pada masyarakat di pulau terdepan malalui pelestarian dan pengembangan budaya lokal.

Tujuannya adalah: seiring dengan penetapan Tari Seka sebagai warisan budaya nasional oleh Mendikbud maka,  BPNB Ambon melakukan sosialisasi sekaligus sebagai upaya perlindungan dan pelestarian warisan budaya pada wilayah
perbatasan di MBD.

Selain itu, selama ini pemanfaatan kebudayaan lokal cenderung hanya dari Kota Ambon dan Maluku Tengah, padahal unsur budaya daerah lain yang memiliki corak dan khas tersendiri masih terabaikan.

Vestifal ini diharapkan, pemangku kepentingan di Pulau Masela bisa menikmati asas manfaat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Vestifal budaya Tari Seka ini sudah 4 kali dilakukan oleh BPNB setiap 2 tahun sekali,  pertimbangannya agar bisa terjadi proses pewarisan budaya dari orang tua kepada anak-anak.

Vestifal ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan setempat.

Harapannya agar, Pemda Maluku bisa memperhatikan aspek transportasi untuk mendorong potensi kebudayaan dan wisata di daerah itu agar bisa berkembang dengan baik.

Dinas  Periwisata Maluku jangan hanya fokuskan pada budaya di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, namun harus memunculkan budaya daerah lain juga untuk mendukung konsep pengembangan kebudayaan di pulau-pulau terdepan,”harapnya.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>