Published On: Mon, Jan 18th, 2016

Tarif Angkot Belum Turun, Ada Apa?

Share This
Tags

2Pemerintah Kota Ambon hingga kini belum juga menurunkan tarif angkutan umum di Ko­ta Ambon. Padahal harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan juga solar tercatat sudah dua kali mengalami penurunan. Terakhir pemerintah menurunkan harga BBM pada 5 Januari 2016 lalu.

Pemerintah Kota Ambon sendiri beralasan jika tarif angkot belum diturunkan karena masih dilakukan pengkajian. Selain itu pemerintah Kota Ambon hingga kini belum mendapat petunjuk dari Kementrian Perhubungan.

“Soal penyesuaian tarif angkot, kita masih tunggu petunjuk Kemenhub,”kata Latuheru kepada wartawan di Ambon, kemarin.

Menurutnya, meskipun penurunan BBM hanyalah sekitar lima persen tetapi hal tersebut akan menjadi perhatian Pemkot Ambon. “Memang turunnya tidak terlalu signifikan tetapi tentunya akan menjadi perhatian kita,”tandasnya.

Dia menjelaskan BBM adalah salah satu kom­ponen dari sejumlah komponen transportasi. Untuk itu, pihak pemkot akan mempertimbangkan hal ini secepatnya,”Tentu turunnya harga BBM ini akan kita pertimbangkan.”katanya.

Meski ada rencana tarif angkot akan diturunkan, namun nampaknya hal itu sulit dibuktikan sebab hingga saat ini belum ada tanda-tanda tarif angkot di Ambon benar-benar akan diturunkan.

Menanggapi hal itu, Direktur Moluca Institut Asman Poipessy meminta kepada Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy agar dapat bijak dalam me­nyikapi masalah tersebut, sebab jika tarif angkot tidak diturunkan maka yang rugi adalah masyarakat.

“Jangan sampai ada penilaian pemkot lebih memihak kepada pengusaha angkot, itu yang harus dihindari,”katanya.

Menurutnya penurunan tarif angkot seharusnya tidak perlu berlama-lama sebab terhitung sudah dua kali harga BBM mengalami penurunan,”Butuh pengkajian itu sudah pasti tapi kalau berlama-lama tentu orang akan bertanya ada apa? Masa sudah dua kali harga BBM turun tariff tidak juga turun, nanti saat harga BBM naik hari itu juga tarif angkot dinaikan,”tandasnya. (kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>