Published On: Fri, Jan 23rd, 2015

Tarif Angkutan di Maluku Harus Turun

Share This
Tags

Angkot3Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku  Ir.Benny Gaspersz, MT dalam jumpa pers di ruang rapat Dishub  Maluku Kamis (22/01/2015) mengatakan, penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak dua kali pada bulan Januari 2015.

Untuk itu  semestinya  harga tarif anggkutan harus diturunkan sesuai dengan penurunan harga  (BBM), dan ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat teristimewa  di Provinsi Maluku.

Menurut Gaspersz, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku secara resmi menurunkan harga tarif angkutan sebesar 4 persen  untuk semua jenis angkutan baik angkutan darat, angkutan laut dan penyeberangan antar pulau terdekat.

Penurunan harga tarif angkutan ini sudah diputuskan secara resmi  melalui  SK  Dishub dan saat ini hanya menanti persetujuan penandatanganan oleh Gubernur Maluku  Ir. Said Assagaff  untuk  diterapkan di semua Kabupaten/Kota di Maluku.

Dijelaskan, harga tarif angkutan berlaku untuk 43 trayek angkutan darat yang ada di Kota Ambon, 10 trayek angkutan darat di Masohi dan 10 trayek di Kota Tual serta Maluku Tenggara.

Ini pun berlaku bagi tarif angkutan laut, baik untuk  penyeberangan maupun lintasan karena BBM sudah mengalami penurunan sebesar Rp 1.100.

Penentuan tarif juga berdasarkan jarak tempuh dari fasilitas angkutan dan turunya tarif karena sampai hari ini berdasarkan fungsi pengawasan dari Dishub Maluku terhadap penjualan suku cadang untuk kendaraan tidak mengalami kenaikan.

Olehnya itu wajib kalau  tarif angkutan harus diturunkan apalagi sudah ada instruksi dari Kementrian Perhubungan untuk menurunkan harga  tarif angkutan, sehingga wajib untuk diterapkan di seluruh Provinsi.

Yang menjadi persoalan bagi Dishub Maluku adalah harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta menghimpun Organisasi Angkutan Darat (Organda) sehingga nantinya Organda memberikan  sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu Dishub Maluku akan melakukan sosialisasi langsung kepada seluruh sopir angkot terkait dengan penurunan harga tarif yang sudah ditetapkan oleh Dishub,”tutupnya.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>