Published On: Sat, Jun 13th, 2015

Telur Jadi Rebutan di Pasar Murah

Share This
Tags

telurPasar murah yang digelar Pem­prov Maluku di pelataran Kantor Disperindag Maluku, Jumat (12/6) diwarnai keributan. Warga berdesakan dan saling dorong karena khawatir tak kebagian telur.

Sejak pagi ratusan warga terlihat sudah antri membeli telur untuk kebutuhan menjelang bulan Ramadhan. Tak sedikit warga yang emosi karena khawatir tak kebagian.  Panitia justru terpancing emosi warga. Keributan sempat menghambat warga yang akan membeli telur karena harus mengantongi kupon yang dibagikan panitia.

Warga yang tidak sabar membuat antrean tak beraturan. Mereka pun saling dorong dan berdesakan untuk membeli telur dengan harga murah. Telur dijual seharga Rp 30 ribu/rak jauh di bawah harga pasar yang mencapai Rp 48 ribu/rak.

Pantauan Siwalima,  Disperindag menyediakan 125 rak telur/harinya dengan harga Rp 30.000/rak. Selain telur, juga dijual sejumlah produk diantaranya beras phinisi Rp 99.000/10 kg, Susu cap Nona Rp 8.500/kaleng, minyak goreng Rp 12.000/liter, gula pasir Rp 10.000/kg dan mie instant Rp 14.000/paket.

Disperindag juga bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan sehingga dalam pasar murah kali ini dijual ikan cakalang Rp 15.000 / ekor.

Distributor bahan kebutuuhan pokok yang turut serta dalam pasar murah ini diantaranya UD Gema Rejeki, FA Bandil, CV Karya Indah, UD Sepakat Khoe Mulia,  FA Murni Utama, PT Padi Mas Prima, UD Bahagia, Bulog Divre Maluku dan Dinas Kelautan dan Kelautan Provinsi Maluku.

Kadisperindag Maluku Frans J Papilaya pada wartawan usai pembukaan pasar murah, Jumat (12/6) menjelaskan menyongsong bulan suci Ramadhan banyak harga bahan pokok yang melonjak di pasaran, seperti telur, gula dan bawang merah.

“Pasar murah digelar selama empat hari terhitung sejak Jumat (12/6). Kita juga akan buat pasar murah mobile selama dua hari yaitu Sabtu (13/6) dan Senin (15/6) di Kecamatan Leihitu dan Kecamatan Salahutu,” jelasnya.

Sebelumnya Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Sekda Maluku MZ Sangadji saat membuka pasar murah tersebut mengatakan, kegiatan ini dikhususkan bagi masyarakat terutama yang beragama Islam dalam memenuhi bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dengan harga yang lebih terjangkau. “Walaupun persediaan bahan pokok di Maluku masih cukup tetapi harus tetap dikontrol dengan penyalur-penyalur dan distributor agar harganya bisa stabil dan semoga ada manfaat bagi kepentingan masyarakat kita,” katanya.

Ia juga mengatakan tujuan kegiatan ini memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk menjual bahan pokok dengan harga terjangkau, meringankan beban masyarakat, dan memperkuat silahturahmi. (Siwalima)

 

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>