Published On: Mon, Nov 14th, 2016

Tenaga Penyuluh Perikanan Maluku Ditarik Ke Pusat

juSedikitnya 10 orang tenaga penyuluh perikanan yang selama ini bertugas di Sekretariat Bakorluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Maluku akan ditarik ke Pusat.

“Jadi Kami harus menyerahkan 10 tenaga penyuluh perikanan yang ada di Provinsi Maluku ini ke Pusat,” kata Kepala Sekretariat Bakorluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Maluku Jery Uweubun di Ambon, Senin (14/11).

Dengan demikian pembiayaannya menjadi urusan Pemerintah Pusat. Sedangkan urusan penyuluhan di bidang kehutanan sesuai dengan undang-undang Nomor 23 tahun 2014 diserahkan kepada Dinas Kehutanan di Provinsi.

“Jadi semua tenaga penyuluh maupun terkait dengan pembiayaan yang ada di Sekretariat Bakorluh dialihkan ke Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, begitu juga dengan penyuluh pertanian menjadi urusan Dinas Pertanian Provinsi Maluku,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, sudah sesuai dengan peraturan Menteri Kehutanan Nomor 43 tahun 2016 tentang struktur organisasi dari pertanian.

“Sehingga penyuluh pertanian dan pembiayaannya yang ada di Sekretariat Bakorluh kami alihkan ke Dinas Pertanian Provinsi,” katanya.

Ia mengatakan penetapan pengalihan tersebut menunggu peraturan daerah tentang kelembagaan, paling lambat Desember 2016 agar sudah bisa berjalan tahun depan.

“Sesuai informasi yang saya dengar, DPRD Provinsi Maluku sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait masalah ini, terutama pematangannya guna mendapat persetujuan pihak Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>