Published On: Mon, Oct 6th, 2014

Tertibkan PKL, Satpol PP Diserang

Share This
Tags

63Pedagang Kaki Lima (PKL) kerap menunjukan sikap bandel. Susah diatur, bahkan melakukan perlawanan saat hendak ditertibkan. Seperti yang terjadi pada Sabtu (4/10), salah seorang anggota Sat Pol PP Kota Ambon, Marcus Tahalele harus dilarikan ke rumah sakit lantaran diserang puluhan PKL di terminal A1 Mardika.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, aksi kekerasan yang dilakukan PKL berawal, saat sejumlah petugas Sat Pol PP melakukan penertiban di terminal A1 Mardika, sekitar pukul 18.45 Wit.

Puluhan PKL  yang berjualan di badan jalan dan areal terminal langsung ditertibkan. Petugas Sat Pol PP menggunakan pendekatan persuasif. Mereka diminta untuk mengangkat barang-barang dagangan dari badan jalan dan areal terminal, tetapi mereka tak mau beranjak dari tempat mereka.

Lantaran bandel, petugas Sat Pol PP kemudian bertindak tegas memindahkan barang-barang mereka. Namun tindakan tersebut justru memicu emosi PKL. Mereka kemudian menyerang petugas Sat Pol PP. Nasib apes menimpa salah satu anggota Sat Pol PP, Marcus Tahalele. Ia dihajar dengan kayu hingga babak belur.

Akibat tindakan brutal para PKL tersebut, Tahalele mengalami luka robek pada bagian kepala sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Sumber Hidup untuk mendapat perawatan medis. Aksi serang PKL terhadap Sat Pol PP itu sempat membuat panik warga yang sementara berbelanja di pasar.

Beruntung kondisi cepat dikendalikan oleh anggota polisi yang bertugas di pos terminal dibantu satu regu Polsek Sirimau.

Kapolsek Sirimau, AKP Sarah Lessil yang dikonfirmasi Siwalima, membenarkan kejadian yang terjadi, namun situasi dapat dikendalikan.

“Iya benar. Itu kejadiannya saat penertiban PKL di terminal lalu kemudian terjadi kericuhan dengan Pol PP. Korban sempat dipukul dan dilarikan ke rumah sakit guna mendapat perawatan. Kini korban sudah pulang karena lukanya tidak terlalu parah. Situasi sudah aman terkendali,” jelas Lessil.(S5)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>