Published On: Thu, Nov 20th, 2014

THERESIA LAURENS, GURU BESAR WANITA PERTAMA FKIP UNPATTI

Share This
Tags

7734b5291984d2ea095e8617554289ca_LTheresia Laurens, (52) tak pernah membayangkan akan mencapai strata akademik tertinggi dengan menyandang predikat guru besar. Apalagi bidang yang menciptakannya menjadi seorang profesor wanita pertama di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura ini, adalah matematika. Ilmu yang selalu dihindari oleh banyak orang ketika menempuh pendidikan formal.

Dia lahir di Tomra, Kecamatan Serwaru Kabupaten Maluku Barat Daya pada tanggal 17 Mei 1962. Tomra bukan lokasi yang dekat dengan Ambon, Ibukota Provinsi Maluku. Jauh, dan terbilang terkebelakang. MBD menjadi kabupaten lepas dari Maluku Tenggara Barat, pada tahun 2008.

Dia, adalah putri pertama dari 4 bersaudara. Ayahnya, Johanes Laurens adalah seorang guru di salah satu sekolah terpencil di Tomra. Sejak masuk sekolah dasar, dihatinya sudah terbesit keinginan meneruskan cita-cita mulia ayahnya, menjadi seorang guru.

Dia bukan orang berada. Miskin, tapi cita-citanya mengalahkan kondisi hidupnya. Kondisi ekonomi keluarganya tak membuat Theresia kecil kalah untuk menggapai cita-citanya. Setelah menamatkan Sekolah Dasar tahun 1973 dan Sekolah Menengah Pertama tahun 1976 di Kecamatan Serwaru, ia melanjutkan  pendidikannya pada SMA Negeri 2 Ambon   dan tamat pada  tahun 1980.

“Awalnya saya berkeinginan masuk SPG (Sekolah Pendidikan Guru), tapi saat itu ada keinginan kuat untuk bisa ke luar negeri, maka saya mengurungkan niat masuk SPG, dan memilih masuk SMA Negeri 2,” ujarnya.

Dalam masa pendidikan di SMA banyak kesan hidup ia lalui. “Ada kesan yang tidak bisa dilupakan waktu SMA. Saya tinggal di Kudamati setiap hari jalan kaki ke sekolah di SMA Negeri 2 Ambon. Waktu itu belum ada angkutan kota,” kenangnya.

Theresia yang masa kecilnya dihabiskan di salah satu desa terpencil di Moa yakni Tomwawan tidak patah arang. Perjuangan jalan kaki akhirnya diakhiri setelah tamat SMA tahun 1980. Pendidikan tinggi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura Ambon ditempuhnya. Menjadi Sarjana  Pendidikan Matematika tahun 1985. Dan Magister Pendidikan Matematika  diperolehnya di  IKIP Negeri Surabaya tahun 1992.

Kemudian karier studinya diteruskan di Universitas Negeri  Surabaya, dan tahun 2009 menyelesaikan  Doktor   Pendidikan Matematika  dengan melakukan  Penelitian Pengembangan Teori  dalam Bidang Psikology Kognitif  khususnya Teori Level Metakognisi dalam Penyelesaian Masalah Matematika.

Hasil penelitian  menghasilkan Teori  Level Metakognisi yang baru berdasarkan tahapan kesadaran berpikir dalam menyelesaikan masalah Matematika yaitu Level Tacit Use, Level Aware Use, Level Semi strategic Use, Level Strategic Use, Level Semi reflective Use dan Level Reflective Use.

Penemuan Teori ini memberikan kontribusi bagi  pengembangan teori dalam bidang psikology kognitif dan secara praktis memberikan acuan bagi pendidik matematika dalam merancang berbagai strategi pembelajaran dalam mengembangkan Kemampuan Metakognisi peserta didik agar mempermudah mereka dalam menyelesaikan masalah matematika.

Pengembangan kariernya sebagai tenaga fungsional dosen pada Universitas Pattimura diawali dengan diangkatnya sebagai Calon  Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1986 dengan jabatan Asisten Ahli.

Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Ilmu difokuskan pada Bidang Pendidikan Matematika, baik pada jenjang pendidikan dasar, menengah sampai pada pendidikan tinggi.   Selain itu berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan Seminar dan Kegiatan Ilmiah lainnya dalam bidang Pendidikan Matematika sebagai pembicara baik pada tataran lokal, nasional maupun internasional.

Karier manajerialnya diawali dari Ketua Program Studi Pendidikan Matematika tahun 1999-2005 Ketua Jurusan Pendidikan MIPA tahun 2012-2013, Pelaksana  Tugas Pembantu Dekan II FKIP Unpatti tahun 2012 dan jabatan terakhir saat ini sebagai Dekan FKIP Unpatti periode 2013-2017.

Dia juga mendapat kepercayaan dari Universitas sebagai Ketua Tim Pusat Pendidikan Karakter Universitas Pattimura sejak 2012-2013. Dan oleh Tim Pusat Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dipercayakan sebagai Ketua Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Universitas Pattimura sejak tahun 2009 sampai sekarang.

Dalam perkembangannya, dia merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran maupun penelitian tentang  Pembelajaran Matematika Realistik yang  menekankan Mathematics as Human Activity.

Salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan, adalah penyelenggaraan Kontes Literasi Matematika yang mengantarkan  siswa SMP di Maluku dalam Kompetisi Literasi matematika Tingkat Nasional sejak tahun 2013.

Pengalaman karier yang ditekuni mengantarkannya pada jabatan  fungsional tertinggi dalam bidang akademik sebagai Guru Besar atau Professor dalam Bidang Pendidikan Matematika berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 1 Juli 2014.

Direncanakan Kamis hari  ini Profesor Dr. Theresia Laurens, M.Pd, akan dikukuhkan sebagai guru besar wanita pertama pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon, oleh Rektor Unpatti Prof. Dr. Th. Pentury, M.Si. (ameks-PRO)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>