Published On: Thu, Oct 20th, 2016

Tiga Tahun Penjara Menanti Dosen Unpatti Gadungan

Share This
Tags

imagesJaksa menuntut Nataldo Harmu­sial, warga Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon tiga tahun penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Selasa (18/10).

Lelaki 32 tahun ini terbukti mela­kukan tin­dak pidana penipuan de­ngan menjadi dosen Fakultas Teknik Jurusan Perkapalan Unpatti gadu­ngan dan menggarap uang dari sejumlah ma­hasiswa. Dia terbukti melanggar pasal 378 KUHP.

“Kami meminta kepada majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini untuk menghukum ter­dakwa dengan hukuman tiga tahun penjara,” tandas JPU Kejati Maluku, Mercy de Lima.

Sidang dipimpin majelis hakim yang diketuai Amaye Yambeyapdi, didampingi Cristina Tetelepta dan Syamsudin selaku hakim anggota. Sementara terdakwa tak didam­pingi penasihat hukum.

Usai mendengarkan tuntutan, ma­jelis hakim menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda pem­belaan.

Sebelumnya tim JPU Kejati Ma­luku, dalam dakwaannya mengung­kapkan, pada bulan Agustus 2013 hingga Maret 2014, dengan berbagai tipu muslihatnya terdakwa telah merencanakan untuk melakukan penipuan terhadap sembilan maha­siswa Unpatti dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri dengan memalsukan identitas pekerjaannya, yakni sebagai Dosen Fakultas Teknik Jurusan Perkapalan Unpatti.

Dengan identitas pekerjaan yang palsu itu, lelaki yang pernah bekerja di kapal ini mencoba menipu sejumlah mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana dengan jalur khusus, namun tak jelas jalur khusus seperti apa.

Untuk memperoleh gelar sarja­na itu, para mahasiswa harus menyetor jutaan rupiah kepada terdakwa secara cicil. Mereka yang menjadi korban adalah Rifai Rumbouw Rp 9.500.000, Suleiman Kilwouw Ro 9.800.000, Arif Rumbouw Rp 11.800.000, Rahmi Sehwaki Rp 11.800.000, La Ane Rp 15.000.000, Rosminin Kelian Rp 15.800.000, Kamarudin Kumuar Rp 11.500.000, serta Fahmi Mewar Rp 13.000.000.

Total uang yang berhasil diraup oleh  terdakwa dengan status dosen gadu­ngannya sebesar Rp 114 juta. Tak hanya itu, dengan identitas peker­jaannya yang palsu itu, terdakwa me­ngaku bisa mengurus mahasiswa universitas lain pindah ke Unpatti. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>