Published On: Wed, Mar 30th, 2016

Tim Nusantara Sehat di Maluku Belum Maksimal

Share This
Tags

Nusantara-SehatKabag Humas Pemprov Maluku, Bobby Kin Palapia menyatakan Tim Nusantara Sehat di Perbatasan Maluku tidak dapat bekerja maksimal karena terkendala masalah listrik.

“Tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat, tidak dapat bekerja maksimal karena semua Puskesmas yang berada di perbatasan belum teraliri listrik,” katanya mengutip kepala Dinas Kesehatan Maluku  dr. Meikal Pontoh.

Kepada media ini di Ambon, Rabu (30/3), Palapia jelaskan, khusus di Maluku ada 12 Puskesmas yang terletak di daerah perbatasan yaitu Kabupaten Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

12 Puskesmas ini, tambah Palapia, sudah ditempatkan tenaga kesehatan yang tergabung dalam tim nusantara sehat berjumlah 75 orang yang akan bertugas selama 2 tahun, dimana Penggajian/tunjangan semua dari APBN Kemenkes.

Belum adanya listrik di semua Puskesmas, sehingga alat kesehatan yang didistribusikan tidak dapat dimanfaatkan. Kegawat daruratkan yang terjadi di daerah perbatasan tidak dapat dirujuk, karena transportasi regular tidak tersedia.

Tidak hanya program Nusantara Sehat yang tidak maksimal, Progam telemedicine dimana dua orang profesi kesehatan yang mendiskusikan sebuah kasus melalui telepon, sampai ke kegiatan yang lebih kompleks yang melibatkan teknologi satelit, perangkat video-conference untuk melakukan konsultasi real time, tidak dapat diterapkan karena jaringan telekomunikasi tidak tersedia.

Dikatakan, seperti juga masalah di perbatasan Kalimantan Timur dan Malaysia, Semua ini perlu keterlibatan lintas sektor.

“Masalah kesehatan khususnya di perbatasan antar negara, telah disampaikan ke Kementerian Kesehatan untuk dicarikan solusi, untuk itu perlu kesatuan langkah untuk membangun perbatasan,” pungkasnya.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>