Published On: Mon, Mar 21st, 2016

Tim Uni Eropa Lihat Kondisi Pala di Maluku

Share This
Tags

pala1 2Tim inspeksi dari Uni Eropa pekan kemarin berkunjung ke Kota Ambon Maluku untuk melihat perkembangan PT. Olop di Desa Hila Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, sebagai  eksportir komoditi Pala.

PT. Olop melakukan ekspor komoditi Pala ke Eropa melalui Surabaya sehingga kehadiran Tim Uni Eropa memastikan, Pala yang diekspor aman atau tidak dari jamur Aplatoksin jamur penyebab kanker hati.

Hasil tinjauan Tim Uni Eropa menjadi rahasia tim, namun yang pasti Tim Uni Eropa bertanya dan memastikan proses pengeringan Pala sampai ke ekspor yang dilakukan oleh PT. Olop. Selain itu tim juga meninjau kebun Pala di desa Hila.

Demikian penjelasan Ir. Mus Tuanaya, MT Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Maluku kepada Tribun-Maluku.com di ruang kerjanya, Senin (21/3).

Dikatakan, tujuan kunjungan Tim Uni Eropa ini untuk mengetahui dan memastikan kondisi sentra Pala di Maluku, serta komoditi Pala yang di ekspor ke Eropa aman dari berbagai penyakit ataukah tidak.

PT. Olop sangat hati-hati dalam proses pengeringan Pala dan sampel Pala yang diuji berkisar 20 persen dari jumlah hasil Pala yang tersedia.

Kehadiran Tim Uni Eropa memberikan inspirasi dan motivasi bagi Dinas Pertanian Maluku untuk meningkatkan pembinaan kepada petani Pala, kelompok tani melalui pelatihan-pelatihan di Balai Diklat Pertanian Maluku,”ucapnya.(TM02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>