Published On: Tue, Jan 2nd, 2018

Toko Sembako Di Batu Mejah Terbakar

Share This
Tags

Toko sembako di Jalan Sirimau, RT 04 RW 004, Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimua, tepat samping Kantor Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, terbakar, Senin, 1 Januari sekitar pukul 15.20 WIT. Toko Sakura ini, milik Tony Kustiyanto.

Diduga kebakaran dipicu akibat petasan yang dimainkan orang saat malam pergantian tahun baru Minggu malam. Dari petasan ini, mengenai lantai II toko tersebut, dan baru terbakar Senin sore.

Untuk memadamkan api, Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Ambon, menerjunkan 7 unit Mobil Dampak. Api baru dijinakkan sekitar pukul 16.00 WIT. Kobaran api hanya di lantai II, tidak sampai membakar seisi toko sembako itu.

Tony Kustiyanto kepada wartawan mengatakan, saat kejadian itu, dia sementara duduk dalam rumahnya yang terpisah dengan toko. Ia melayani tamunya bernama Yudi Tasidjawa. Asyik bercerita, tiba-tiba datang Adri Tetelepta, sambil mengatakan kepada Tony kalau terjadi kebakaran di tokonya. Kebakaran di lantai II. Lantai II terdapat satu kamar dan tempat santai.

“Saya saat itu sedang duduk dalam toko dan mendengar teriakan kebakaran. Saya keluar lihat ternyata asap keluar dari lantai II, saya menghunghubungi anak anak saya dan tidak lama Dampak datang,” kata Tony Kustiyanto, kemarin.

Mendengar kabar, Tony dan Yudy mengecek, ternyata kupulan asap dari lantai II toko, dan mengambil ember berisikan air untuk menyiram api dan karena kumpulan asap tebal dan semburan api dan membuat batuk sehingga dirinya bersama Yudi berupaya lari keluar dari dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Warga yang mengetahui kebakaran, ramai-ramai membantu dengan memadamkan api. Namun, api semakin membesar.

Ia menduga, kebakaran toko tersebut karena petasan. Pasalnya Minggu malam sampai Senin pagi, masih ada yang main kembang api di samping tokonya.

“Saya menduga ini karena petasan. Saya lihat dari malam sampai pagi masih ada yang main petasan di samping toko saya. Saya lihat itu,” tuturnya.

Kapolsek Sirimau AKP Wilhelmus Minanlarat mengatakan kalau lebakaran diduga akibat korsleting.

“Indikasi di lapangan, Toko Sakura karena hubungan arus pendek. Yang terbakar satu lantai, lantai II. Keterangan dari Pemilik rumah sumber api belum dapat dipastikan, karena saat terjadi kebakaran, bangunan dilantai dua tidak ada orang dan barang elektronik hanya berupa 1 (satu) unit AC (pendingin ruangan). Keterangan Pemilik rumah Kerugian material diperkirakan 80 juta dan tidak ada korban jiwa,” ucap Kapolsek.

Mantan Kapolsek Baguala dan Kawasan Bandara Pattimura ini mendambahkan bahwa pihaknya masih menyelidiki persoalan ini. “Situasi aman. Api sudah dipadamkan oleh Pemadam Kebakaran. Kita lakukan penyelidikan lanjut,” tutupnya. (Rakyat Maluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>