Published On: Thu, Feb 8th, 2018

Tongkang Muatan Batubara Terdampar di SBB

Share This
Tags

Kapal tongkang bermuatan batubara ditemukan terdampar di Dusun Waiyoho Desa Kawa Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Tongkang dengan nama lambung Winda 99 ini ditemukan tak berawak, Rabu (7/2). Belum diketahui pasti terdamparnya tongkang muatan batubara yang masih mengeluarkan asap itu.

Informasi yang diterima Kabar Timur dari Penerangan Korem 151/Binaiya mengatakan, terdamparnya tongkang berwarna cokelat itu diketahui setelah laporan dari Sertu Samaun Ely dan Serda Sirajul Munir, Babinsa setempat.

Mendapati info terdamparnya tongkang, kedua prajurit TNI AD ini melaporkan kepada Danramil 1502-07/Piru, Kapten Inf. Ato Laturake, diteruskan ke Dandim 1502/Masohi, Letkol Inf Hari Sandi.

“Tongkang tersebut memuat batu bara sebanyak 7.549,497 Metrik Ton (MT) dan hanyut sejak tanggal 22 Desember 2017,” kata Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Hari Sandi, kemarin.

Tongkang terombang ambing di lautan diduga telah hampir sebulan. “Karena dihantam ombak, tongkang terdampar di perairan SBB,” ujarnya.

Kepala Polres SBB, AKBP Agus Setiawan mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan di lokasi terdamparnya tongkang. “Iya. tongkang terdampar di perairan Lawau Dusun Waiyoho. Jaraknya sekitar 200 meter dari bibir pantai. Kalau ditempuh menggunakan speedboat, diperkirakan sekitar 15 menit,” ujar dia kepada Kabar Timur, kemarin.

Tongkang “misterius” itu memiliki ukuran panjang 100 meter dan lebar 30 meter. “Bobot mati tongkang sekitar 3.064 GT. Dengan muatan batu bara,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan terhadap warga sekitar, lanjut Setiawan, tongkang itu diketahui telah terdampar selama 4 hari. Sejak terdampar, warga tidak menemukan Anak Buah Kapal (ABK) tongkang.

Tongkang itu diketahui berasal dari Tarakan, Kalimantan Timur. Rencananya menuju Sulawesi membawa batubara.

“Informasinya karena kena badai atau mesin kapal rusak, tongkang terlepas dari kapal penariknya dan terbawa arus sampai ke Seram. Kami juga mendapati tali pengait tongkang putus,” jelasnya.

Tongkang tersebut telah diamankan sejumlah aparat Polres SBB untuk proses penyelidikan. “Kami tempatkan anggota untuk menjaganya,” pungkas Setiawan.  (kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>