Published On: Thu, Jan 4th, 2018

Tutup POSRIM-01 DEMA IAIN Ambon, Rektor Minta Dekan Siapkan LDKM

Share This
Tags

REKTOR Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Dr. Hasbollah Toisuta, meminta para dekan masing-masing Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, serta Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, untuk segera memerintahkan para Wakil Dekan (Wadek) Bidang Kemahasiswa, guna menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), untuk selanjutnya para peserta yang lolos dari LDKM, akan diikutkan dalam LDKM tingkat menengah atau tingkat lanjutan yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) Institut.

Hal ini penting, sehingga skill dasar kepemimpinan para mahasiswa dapat terbina secara profesional dari sekarang, terutama ketika menjadi pemimpin dalam lingkup organisasi mahasiswa di kampus. Hal ini disampaikan Rektor IAIN Ambon, Hasbollah Toisuta, ketika menutup acara Pekan Olahraga Seni dan Riset Ilmiah Mahasiswa (POSRIM) 01 DEMA di GOR IAIN Ambon, Rabu, 3 Januari 2018.

Untuk kegiatan POSRIM-01 DEMA IAIN Ambon, Rektor memberikan apresiasi yang tak terhingga, karena meski kegiatan ini diadakan dengan keterbatasan anggaran, namun semangat Panitia dan Pengurus DEMA untuk tetap mengadakan kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan sukses dan meriah. Menariknya, akui Rektor, lewat POSRIM ini, diketahui bahwa mahasiswa IAIN Ambon memiliki bakat dan skill yang luar biasa di semua bidang.

Bahkan, bakat-bakat tersebut akui Rektor, sangat layak untuk selanjutnya dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan nasional. Seperti diketahui, POSRIM-01 DEMA IAIN Ambon ini melombakan; Lari, Pop Solo Islami, Bola Volly, Tenis Meja, Karya Inovasi, Debat Ilmiah, Catur, Fashion Show, Tilawatil Quran, Futsal, Karya Tulis Ilmiah, Bulu Tangkis, Hifdzil Quran, Tarian Tradisional, Kaligrafi, Syarhil Quran, dan Puitisasi Quran.

Sebab itu, Rektor berharap agar para mahasiswa IAIN Ambon tidak henti untuk tekun belajar, selain itu, tentu harus mengasa minat dan bakat yang dimilikinya. Karena, kemampuan dasar yang dimiliki mahasiswa ini, akan kelak menjadi nilai yang sangat berharga, ketika sudah menjadi sarjana yang sujana. “Selain asa potensi akademik, juga potensi alamiah yang dimiliki. Itu bakat alami yang tidak boleh ditinggalkan.” Atas keberhasilan DEMA IAIN Ambon ini, Rektor meminta kepada seluruh pimpinan di lingkup IAIN Ambon, agar tanggap dan respon terhadap permintaan DEMA.

Hal ini penting, karena keberhasilan apa yang sudah dilakukan oleh DEMA IAIN Ambon, dapat mengangkat citra lembaga ini ke depannya, terutama di mata masyarakat. POSRIM DEMA IAIN Ambon juga telah menjadi hiburan bagi seluruh pegawai dan mahasiswa di IAIN Ambon, sekaligus juga masyarakat lingkar kampus. “Kegiatan yang sungguh luar biasa, karena telah mengangkat semua kreatifitas mahasiswa yang selama ini terpendam.” Pada kesempatan ini, Rektor juga mengaku akan terus melibatkan DEMA IAIN Ambon dalam kegiatan-kegiatan IAIN. “Kita akan mengadakan IAIN AMBON BERPUISI. DEMA harus dilibatkan dalam kegiatan ini,” pesan Rektor.

POSRIM ini selain diikuti oleh mahasiswa, juga diikuti oleh pegawai di lingkup IAIN Ambon, dan menjadi yang pertama diadakan oleh DEMA selama periode kepengurusan. Sebelum menutup POSRIM ini, Rektor juga menyampaikan bahwa pembangunan IAIN Ambon saat ini terus digalakkan. Tak hanya meningkatkan sumber daya manusia baik dosen dan pegawai, tapi, peningkatan sarana dan prasarana bangunan perkuliahan dan pendukung aktivitas mahasiswa juga terus diadakan.

Saat ini sendiri, kata Rektor, sedang dibangun gedung Student Center untuk seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sedangkan gedung UKM yang ada saat ini, akan dibangun gedung Training Center setinggi 5 lantai. Tak hanya itu, untuk mendukung pembangunan dan kemajuan IAIN Ambon, kampus tersebut telah memiliki gedung musik, yang peralatannya telah diadakan dari semua jenis jenre musik.

Terakhir kata Rektor, selain lagi dibangun Auditorium dengan kapasitas 2000 orang yang akan selesai awal tahun ini, IAIN Ambon juga telah membeli lahan baru di kawasan Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, seluas 61 Ha guna perluasan dan pengembangan IAIN Ambon, setelah beralih menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon, pasca moratorium Pemerintah Pusat dicabut. (Rakyat Maluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>